PENGEMBANGAN PAKET NEKAMEDIA MATEMATIKA KURIKULUM 2013 MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP DI KOTA SURAKARTA

A, PUTRI NURIKA (2016) PENGEMBANGAN PAKET NEKAMEDIA MATEMATIKA KURIKULUM 2013 MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP DI KOTA SURAKARTA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (646Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan paket nekamedia matematika Kurikulum 2013 menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP di Kota Surakarta yang valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Tujuan lain adalah untuk mengetahui apakah nilai pengetahuan peserta didik pada materi bangun ruang sisi datar menggunakan paket nekamedia yang telah dikembangkan lebih baik daripada menggunakan produk yang ada sebelumnya. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan untuk menghasilkan dan menguji keefektifan produk. Prosedur penelitian mengacu pada model Four-D (Define, Design, Develope, Disseminate) yang dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan dan keterbatasan penelitian. Dalam upaya mendapatkan paket nekamedia yang valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran digunakan angket untuk memperoleh data: (1) komentar dan saran perbaikan para ahli terhadap paket nekamedia; (2) skor keterlaksanaan pembelajaran oleh guru dan saran tindak lanjut; (3) skor aktivitas peserta didik dan saran tindak lanjut; dan (4) tingkat penghargaan dan keinginan peserta didik terhadap paket nekamedia. Dalam upaya mengetahui apakah nilai pengetahuan peserta didik pada materi bangun ruang sisi datar menggunakan paket nekamedia yang telah dikembangkan lebih baik daripada menggunakan produk yang ada sebelumnya digunakan tes. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa paket nekamedia valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran dengan persentase keterlaksanaan pembelajaran oleh guru sebesar 92%, persentase aktivitas peserta didik sebesar 80%, dan persentase peserta didik yang suka dan ingin menggunakan paket nekamedia sebesar 80%. Setelah diuji, nilai pengetahuan akhir peserta didik kelas eksperimen lebih baik daripada hasil belajar akhir kelas kontrol.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Sofi Wildan
    Date Deposited: 02 Dec 2016 17:49
    Last Modified: 02 Dec 2016 17:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30352

    Actions (login required)

    View Item