FENOMENA JILBOOBS DI MEDIA SOSIAL

P, BAYU TRIA F (2016) FENOMENA JILBOOBS DI MEDIA SOSIAL. Other thesis, Universitas Sebelas Maret\.

[img] PDF - Published Version
Download (636Kb)

    Abstract

    Foto merupakan suatu medium sajian untuk menyampaikanberagam bukti visual atas suatu peristiwa pada masyarakat seluas-luasnya, bahkan hingga detailnya.Selain itu keindahan sebuah karya foto kadang sering pula dihubungkan dengan sosok kaum hawa. Ada anggapan bahwa foto yang menarik adalah foto yang menampilkan kecantikan seorang wanita.Wanita/kaum hawa disini sebagai alat atau komiditi yang bisa dinikmati para pengunjung akun Instagram@share.jilboobs, berbagai macam bentuk lekuk tubuh indah wanita dipertontonkan melalui sebuah foto. Penelitian ini hendak memaparkan, menemukan, dan membongkar konstruksi pemaknaan jilbab melalui denotasi, konotasi, dan mitos yang membangun dari kumpulan foto dalam social media khususnya di Instagram. Pendeskripsian makna ini mengenai kumpulan foto yang terdapat di akun instagram yang telah di upload/publish ke dalam kategori “Jilboobs”. Kumpulan foto Jilboobs menyajikan beberapa tanda yang dapat dilihat, seperti: Model Jilbab, Gaya Busana Hijab, serta Aksesoris yang dikenakan. Tanda-tanda yang muncul dalam kumpulan foto Jilboobs ini, digunakan untuk menangkap makna yang terdapat dalam foto. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif pendekatan analisis semiotika mitologi Roland Barthes untuk melihat dan menganalisis tanda-tanda yang terlihat secara visual yang terdapat dalam kumpulan foto Jilboobssehingga makna denotasi, konotasi dan mitos dalam karya visual yang berbentuk foto tersebut, dapat diuraikan oleh penulis. Dari hasil analisa yang telah dilakukan, penulis mampu menemukan dan membongkar makna dibalik kumpulan foto di akun @share.jilboobs, bahwa Melalui fashion wanita mampu mempresentasikan kecantikannya sebagai upaya pembentuk identitas sosial, seksual, dan kelas karena adanya pengaruh modernisasi dalam proses sosial.Ada pergeseran nilai dari hijab itu sendiri. kerudung dulu dan sekarang sudah berbeda makna. Kalau dulu memakai kerudung merupakan simbol ketaatan wanita pada ajaran agama mereka, sedangkan memakai hijab sekarang sudah menjadi suatu gaya hidup tersendiri. Kata kunci: Analisis Semiologi, Jilboobs, Fashion

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
    Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Tities Amrihtasari
    Date Deposited: 02 Dec 2016 17:27
    Last Modified: 02 Dec 2016 17:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30346

    Actions (login required)

    View Item