Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI IPS 8 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar Tahun Ajaran 2015/2016

R, ARISWARA SITA (2016) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI IPS 8 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar Tahun Ajaran 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (830Kb)

    Abstract

    Ariswara Sita Riyanda. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPS 8 SMA MUHAMMADIYAH 1 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2015/2016 Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2016. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep matematika siswa kelas XI IPS 8 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar tahun pelajaran 2015/2016 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran matematika dengan pokok bahasan turunan fungsi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 8 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar tahun pelajaran 2015/2016. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan tes. Teknik analisis data adalah dengan teknik analisis deskriptif. Validasi data dari pemahaman konsep matematika siswa dengan menggunakan teknik triangulasi. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada pokok bahasan turunan fungsi dapat meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep matematika siswa. Berdasarkan hasil yang telah dicapai pada siklus II, terlihat bahwa 71,79% siswa telah memiliki minat belajar terhadap mata pelajaran matematika yang tinggi, hal ini berarti minat belajar siswa telah mendapatkan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan, yaitu setidaknya 60% siswa mempunyai minat belajar yang tinggi. Dari hasil tes siklus I, terlihat bahwa pemahaman konsep matematika siswa meningkat dibandingkan dengan tes siklus I, pada indikator menyatakan ulang sebuah konsep yang telah mendapatkan skor 2 sebanyak 91,43% yang sebelumnya sebesar 80%, untuk indikator mengklasifikasikan objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya yang telah mendapatkan skor 2 sebanyak 62,86% yang sebelumnya adalah 31,43%, untuk indikator memberi contoh dan bukan contoh dari sebuah konsep yang telah mendapatkan skor 2 sebanyak 77,14% yang sebelumnya adalah 37,14%, pada indikator mengembangkan syarat perlu dan syarat cukup suatu konsep yang tekah mendapatkan skor 2 sebanyak 74,29% yang sebelumnya adalah 28,57%, pada indikator menggunakan dan memanfaatkan serta memilih prosedur atau operasi tertentu yang telah mendapatkan skor 2 sebanyak 74,29% yang sebelumnya adalah 71,43%, dan pada indikator mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah yang telah mendapatkan skor 2 sebanyak 77,14% yang sebelumnya yaitu sebesar 51,43%. Kata Kunci: TPS, pemahaman konsep matematika, minat belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Tities Amrihtasari
    Date Deposited: 02 Dec 2016 17:12
    Last Modified: 02 Dec 2016 17:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30341

    Actions (login required)

    View Item