UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KETRAMPILAN GERAK DASAR ANAK MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS III SD N 3 BOLON COLOMADU KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016

WIDATI, ARI (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KETRAMPILAN GERAK DASAR ANAK MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS III SD N 3 BOLON COLOMADU KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (5Mb)

    Abstract

    Ari Widati. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ketrampilan Gerak Dasar Anak Melalui Pendekatan Bermain Pada Siswa Kelas III SD N 3 Bolon Colomadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta 2015. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan gerak dasar anak melalui pendekatan bermain pada siswa kelas III SD N 3 Bolon Colomadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam satu siklus, yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas III SD N 1 Bolon Kabupaten Karanganyar angkatan 2015/2016, yang berjumlah 40 siswa. Dengan komposisi siswa putra 21 anak dan siswa putri: 18 anak. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan penilaian hasil belajar Gerak Dasar Anak. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui bermain dapat Hasil Belajar Ketrampilan Gerak Dasar Anak dari prasiklus ke siklus I. Proses pembelajaran pada prasiklus belum menggunakan metode bermain untuk membantu siswa dalam mempelajari Ketrampilan Gerak Dasar Anak sehingga keterampilan Gerak Dasar Anak masih rendah dan hasil belajar Ketrampilan Gerak Dasar Anak siswa kurang maksimal. Dari hasil analisis diperoleh peningkatan yang signifikan dari prasiklus kemudian siklus I. Pada prasiklus, Sebelum diadakan tindakan menggunakan pendekatan bermain adalah kurang, dengan persentase tuntas 44% dan tidak tuntas56%.Pada siklus 1 setelah diberikan pendekatan bermain, maka diperoleh hasil persentase ketuntasan belajar sebesar79 % siswa sudah tuntas, sedangkan 21% belum tuntas. Pada siklus 2 setelah diberikan pendekatan bermain, maka diperoleh hasil persentase ketuntasan belajar sebesar 97 % siswa sudah tuntas, sedangkan3% belum tuntas. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar Ketrampilan Gerak Dasar Anak siswa kelas III SD N 3 Bolon Colomadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016. Kata kunci: Hasil belajar, gerak dasar, pendekatan bermain

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Tities Amrihtasari
    Date Deposited: 02 Dec 2016 17:05
    Last Modified: 02 Dec 2016 17:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30340

    Actions (login required)

    View Item