Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan Multimedia dalam Peningkatan Pembelajaran IPS Materi Jenis Pekerjaan pada Siswa Kelas III SDN Tanjungsari Tahun Ajaran 2015/2016

Dewi, Anggun Fatma (2016) Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan Multimedia dalam Peningkatan Pembelajaran IPS Materi Jenis Pekerjaan pada Siswa Kelas III SDN Tanjungsari Tahun Ajaran 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (729Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Anggun Fatma Dewi. K7112017. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN MULTIMEDIA DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPS MATERI JENIS PEKERJAAN PADA SISWA KELAS III SDN TANJUNGSARI TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas, Sebelas Maret Surakarta. Juni 2016. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Pembelajaran NHT dengan multimedia dalam peningkatan pembelajaran IPS materi jenis pekerjaan pada siswa kelas III SDN Tanjungsari tahun ajaran 2015/2016; (2) meningkatkan pembelajaran IPS materi jenis pekerjaan melalui penerapan model pembelajaran NHT dengan multimedia pada siswa kelas III SDN Tanjungsari tahun ajaran 2015/2016; (3) mendeskripsikan kendala dan solusi dari penerapan model pembelajaran NHT dengan multimedia dalam peningkatan pembelajaran IPS materi jenis pekerjaan pada siswa kelas III SDN Tanjungsari tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan setiap pertemuan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas III SDN Tanjungsari tahun ajaran 2015/2016. Validitas data penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran NHT dengan multimedia dilaksanakan dengan langkah-langkah: (a) pendahuluan, (b) pembentukan kelompok belajar, (c) penomoran, (d) pengajuan pertanyaan, (e) pelaksanaan diskusi, (f) pemberian jawaban, (g) persamaan persepsi, dan (h) penutupan; (2) penerapan model pembelajaran NHT dengan multimedia dapat meningkatkan pembelajaran IPS materi jenis pekerjaan. Hal tersebut dibuktikan dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa yang mencapai KKM (65) lebih dari 85% (3) kendala yang dihadapi yaitu: (a) sulitnya pengkondisian terhadap siswa, (b) pengaturan alokasi waktu sesuai perencanaan sulit dilaksanakan, (c) kurangnya rasa percaya diri siswa ketika menyampaikan hasil diskusi kelompok, (d) terganggunya siswa yang telah dapat dikondisikan oleh siswa yang gemar bermain dan berbicara dengan temannya atau tidak fokus pada pembelajaran. Adapun solusi yaitu: (a) guru bersikap lebih tegas, (b) guru menyiapkan perangkat multimedia sebelum pembelajaran dimulai, (c) motivasi siswa agar percaya diri dengan memberikan apresiasi atau penguatan, (d) meminta siswa untuk saling mengingatkan agar dapat fokus pada pembelajaran. Simpulan penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran NHT dengan multimedia dapat meningkatkan pembelajaran IPS materi jenis pekerjaan pada siswa kelas III SDN Tanjungsari tahun ajaran 2015/2016. Kata Kunci: Numbered Heads Together (NHT), multimedia, IPS

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Tities Amrihtasari
    Date Deposited: 02 Dec 2016 16:52
    Last Modified: 02 Dec 2016 16:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30334

    Actions (login required)

    View Item