STUDI KOMPARASI ANTARA PELAKSANAAN ASURANSI DALAM PENGIRIMAN SURAT DAN PAKET DOMESTIK OLEH PT. POS INDONESIA( PERSERO) DAN PT. JNE DAERAH SURAKARTA

R, NADIA NOOR SORAYA (2016) STUDI KOMPARASI ANTARA PELAKSANAAN ASURANSI DALAM PENGIRIMAN SURAT DAN PAKET DOMESTIK OLEH PT. POS INDONESIA( PERSERO) DAN PT. JNE DAERAH SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (856Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Nadia Noor Soraya Raharjanti. 2016. E0012274. STUDI KOMPARASI ANTARA PELAKSANAAN ASURANSI DALAM PENGIRIMAN SURAT DAN PAKET DOMESTIK OLEH PT. POS INDONESIA (PERSERO) DAN PT. JNE DAERAH SURAKARTA. Penulisan Hukum (Skripsi). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret. Tujuan dari penelitian ini adalah menggambarkan persamaan, dan perbedaan pelaksanaan asuransi pengiriman barang antara PT. Pos Indonesia (Persero) dengan PT. JNE dikaitkan dengan aturan hukum asuransi dan peraturan perundang-undangan yang berlaku saat ini. Selain itu, tujuan lain dari penelitian ini untuk menemuksn perbedaan dan hambatan yang muncul dalam penyelesaian klaim. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian empiris. Untuk mengetahui keadaan yang terjadi didalam praktik, penulis mengumpulkan data sekunder terlebih dahulu. Selanjutnya, penulis mengumpulkan data primer melalui wawancara dengan pihak-pihak terkait Hasil penelitian yang didapatkan oleh penulis sebagai berikut. Pertama, pelaksanaan Perasuransian terjadi dalam pengiriman surat dan paket domestik oleh PT. Pos Indonesia (Persero) dan PT. JNE. Hal ini telah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2014, dimana pihak ketiga berperan sebagai pihak yang menanggung risiko yang mungkin timbul dalam pelaksanaan pengiriman surat dan paket domestik diperlukan. Kedua, dalam pelaksanaan asuransi Pengiriman PT.Pos Indonesia (Persero) tidak menggunakan pihak ketiga, lain halnya dengan PT. JNE yang melibatkan pihak ketiga yaitu PT. Asuransi Ramayana Tbk. Ketiga, Baik pihak PT. Pos Indonesia dan PT. JNE mengalami kendala yang sama yaitu : (1) Pengguna layanan pengiriman kurang kooperatif dalam menjelaskan mengenai objek yang dikirim; (2) Perusahaan pengiriman tidak menjelaskan secara terperinci mengenai pelaksanaan, cara menggunakan asuransi terhadap barang kiriman, serta bentuk klaim yang dapat diajukan atas barang kiriman yang diasuransikan. Berdasarkan hasil temuan, pihak pengirim hendaknya menjelaskan secara jujur mengenai objek yang akan dikirim, Pihak Costumer Service baik PT. Pos Indonesia (persero) dan PT. JNE harus lebih aktif dalam menyampaikan cara menggunakan asuransi dan cara klaim asuransi. Hal ini dapat memengaruhi lamanya proses klaim sampai dengan proses pembayaran klaim oleh masing-masing perusahaan Pengiriman. Kata kunci : studi komparasi, asuransi, pengiriman surat dan paket ABSTRACT Nadia Noor Soraya Raharjanti. 2016. E0012274. A COMPARATIVE STUDY BETWEEN INSURANCE IN THE DELIVERY OF LETTERS AND PACKAGES BY DOMESTIC PT. POS INDONESIA (Persero) AND PT. JNE REGIONAL SURAKARTA. Legal Writing. Faculty of Law, Sebelas Maret University. The purpose of this research is to describe the similarities and the differences of the implementation of shipments insurance between PT. Pos Indonesia (Persero) and PT. JNE based on the current rules. Furthermore this study is also aimed at identifying constraints that appeared in the settlement of insurance claim for delivery of domestic letters and packages. This research is categorized as empirical research to find out the circumstances that occurred in the practice, after that the primary data were collected through interviewing the related parties. The result of this research are as the following. First, The implementation of shipments insurance is occurred in the process of delivering the domestic letters and packages by both PT. Pos Indonesia (Persero) and PT. JNE. This is accordance to the Act Number 40 of 2014, in which the third party that act as the parties that bear the risk that may arise in the implementation of the delivery of domestic letters and packages needed. Second, The implementation of shipment insurance delivery PT.Pos Indonesia (Persero) does not use a third party, another case with PT. JNE involving third parties, namely PT. Asuransi Ramayana Tbk. Third, Both the PT. Pos Indonesia and PT. JNE experiencing similar constraints, namely: (1) Users delivery service less cooperative in explaining about the object that was sent; (2) The shipping company did not elaborate on the implementation, how to use the insurance of shipments, as well as claim forms that can be submitted over the shipment insured. Based on the findings, the shipper should be explained honestly about the object that is to be sent, either Party Customer Service PT. Pos Indonesia (Persero) and PT. JNE should be more active in bringing insurance and ways to use insurance claims. This can affect the length of the process of the claim until the claim process by each company Delivery. Keywords: comparative studies, insurance, delivery of letters and package.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
    K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Sofi Wildan
    Date Deposited: 02 Dec 2016 16:44
    Last Modified: 02 Dec 2016 16:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30330

    Actions (login required)

    View Item