STUDI KOMPARASI METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN TEAM-ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SEMESTER II PADA MATERI POKOK STOIKIOMETRI DI SMAN 4 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

Prata, Gabriella Yovi (2016) STUDI KOMPARASI METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN TEAM-ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SEMESTER II PADA MATERI POKOK STOIKIOMETRI DI SMAN 4 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (855Kb)

    Abstract

    Gabriella Yovi Pratama Putri. STUDI KOMPARASI METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN TEAM-ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SEMESTER II PADA MATERI POKOK STOIKIOMETRI DI SMAN 4 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi. Surakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. 2016. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui metode yang dapat memberikan prestasi belajar lebih tinggi antara penggunaan metode pembelajaran Team Assisted Individualiation (TAI) dan metode Student Team Achievement Division (STAD) pada materi pokok Stoikiometri kelas X semester II SMA Negeri 4 Surakarta tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini adalah penelitian eksperimental. Rancangan yang digunakan adalah Randomized Posttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 dan X MIA 6 di SMA Negeri 4 Surakarta yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data prestasi belajar aspek pengetahuan menggunakan metode tes, prestasi belajar aspek sikap menggunakan angket, dan prestasi belajar aspek keterampilan menggunakan observasi. Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-pihak kanan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Metode Team Assisted Individualization (TAI) memberikan prestasi belajar yang lebih tinggi daripada metode Student Teams Achievement Division (STAD) pada aspek pengetahuan, 2) Penggunaan metode pembelajaran TAI memberikan prestasi belajar aspek sikap yang sama dengan metode pembelajaran STAD, 3) Penggunaan metode pembelajaran TAI memberikan prestasi belajar aspek keterampilan yang sama dengan metode pembelajaran STAD pada materi pokok Stoikiometri kelas X semester II SMA Negeri 4 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015. Hal ini terbukti dari hasil uji t-pihak kanan harga thitung prestasi belajar aspek pengetahuan (2,12) lebih besar dari ttabel (1,67), aspek sikap (-1,17) lebih kecil dari ttabel (1,67) dan aspek keterampilan (1,83) lebih kecil dari ttabel (1,67).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Pratama Wisnu
    Date Deposited: 02 Dec 2016 15:11
    Last Modified: 02 Dec 2016 15:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30318

    Actions (login required)

    View Item