Penerapan Metode Crashing dalam Percepatan Durasi Proyek dengan Alternatif Penambahan Jam Lembur dan Shift Kerja (Studi Kasus: Proyek Pembangunan Hotel Grand Keisha, Yogyakarta)

Ningrum, Fika Giri Aspia (2016) Penerapan Metode Crashing dalam Percepatan Durasi Proyek dengan Alternatif Penambahan Jam Lembur dan Shift Kerja (Studi Kasus: Proyek Pembangunan Hotel Grand Keisha, Yogyakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (599Kb)

    Abstract

    Fika Giri Aspia Ningrum, 2016. Penerapan Metode Crashing dalam Percepatan Durasi Proyek dengan Alternatif Penambahan Jam Lembur dan Shift Kerja. Skripsi. Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penjadwalan proyek merupakan hal yang krusial dalam suatu proyek konstruksi. Penyusunan kegiatan dalam proses penjadwalan harus dibuat dengan detil agar dapat membantu dalam evaluasi proyek serta menciptakan pelaksanaan proyek konstruksi yang efektif dan efisien. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan membandingkan besarnya durasi dan biaya setelah dilakukan percepatan dengan menggunakan alternatif penambahan jam kerja (lembur) dan shift kerja. Studi kasus pada penelitian ini mengambil proyek pembangunan Hotel Grand Keisha yang terletak di Yogyakarta. Data-data yang dibutuhkan dalam penelitian ini antara lain kurva S, rekapitulasi perhitungan biaya proyek, daftar Rencana Anggaran Biaya (RAB), dan daftar harga satuan upah pekerja. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan merancang network planning, menghitung crash cost pada penambahan jam kerja dan shift kerja, menghitung biaya langsung dan biaya tidak langsung pada setiap kegiatan yang berubah akibat perubahan durasi pelaksanaan, percepatan durasi pekerjaan, perhitungan cost slope, serta penentuan biaya dan durasi optimum akibat penerapan metode crashing. Setelah dilakukan percepatan dengan metode crashing, untuk alternatif penambahan jam kerja diperoleh pengurangan total cost sebesar Rp.1,012,856,772.54 dari total cost normal Rp.90,620,898,879.84 menjadi Rp.89,608,042,107.30 dengan durasi 392 hari. Sementara untuk alternatif penambahan shift kerja terjadi pengurangan total cost sebesar Rp.1,240,225,176.44 dari total cost normal Rp.90,620,898,879.84 menjadi Rp.89,380,673,703.40 dengan durasi 382 hari. Kata kunci: CPM, Crashing, jam lembur, lintasan kritis, penjadwalan, shift kerja.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Sipil
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 02 Dec 2016 12:13
    Last Modified: 02 Dec 2016 12:13
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30304

    Actions (login required)

    View Item