HUBUNGAN ANTARA ASAM SULFAT DAN LAMA PERENDAMAN DENGAN KUAT TEKAN KAYU KELAPA IMPLEMENTASI PADA MATA KULIAH ILMU BAHAN BANGUNAN

Handayani, Dini (2016) HUBUNGAN ANTARA ASAM SULFAT DAN LAMA PERENDAMAN DENGAN KUAT TEKAN KAYU KELAPA IMPLEMENTASI PADA MATA KULIAH ILMU BAHAN BANGUNAN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (392Kb)

    Abstract

    Dini Handayani. HUBUNGAN ANTARA ASAM SULFAT (H 2 SO ) DAN LAMA PERENDAMAN DENGAN KUAT TEKAN KAYU KELAPA IMPLEMENTASI PADA MATA KULIAH ILMU BAHAN BANGUNAN. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, September 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya (1) hubungan penggunaan asam sulfat dengan kadar konsentrasi zat 0,3%, 0,6%, 0,9% dan 1,2% terhadap uji kuat tekan kayu kelapa; (2) hubungan lama perendaman 7, 21 dan35 hari terhadap uji kuat tekan kayu kelapa ; dan (3) menghasilkan suplemen bahan ajar pada mata kuliah Ilmu Bahan Bangunan tentang kuat tekan kayu kelapa dengan pemanfaatan asam sulfat sebagai bahan pengawet kayu Populasi dalam penelitian ini adalah kayu kelapa. Sampel yang terpilih adalah kayu kelapa pada bagian tepi pangkal sampai ujung batang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen murni. Pengumpulan data dilaksanakan dengan pengujian kuat tekan kayu kelapa. Analisis data menggunakan uji normalitas menggunakan metode One sample Kolmogrov-smirnov taraf signifikansi 0,05 kemudian dilanjut dengan uji korelasi Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, terdapat hubungan yang positif penggunaan asam sulfat terhadap kuat tekan kayu kelapa yaitu bila konsentrasi asam sulfat ditingkatkan maka nilai kuat tekan kayu kelapa meningkat. Kedua, terdapat hubungan yang positif lama waktu perendaman terhadap kuat tekan kayu kelapa yaitu bila umur perendaman ditingkatkan maka nilai kuat tekan kayu kelapa meningkat. Ketiga, bahan ajar yang dihasilkan setelah penelitian ini berupa suplemen bahan ajar tentang pemanfaatan kayu kelapa sebagai alternatif bahan konstruksi bangunan setelah dilakukan pengawetan dengan menggunakan bahan pengawet asam sulfat ditinjau dari kuat tekan kayu untuk mata kuliah Ilmu Bahan Bangunan UNS. Kata Kunci : Asam Sulfat, Kuat Tekan, Kayu Kelapa, Ilmu Bahan Bangunan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 02 Dec 2016 11:52
    Last Modified: 02 Dec 2016 11:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30293

    Actions (login required)

    View Item