Perlindungan Hukum Terhadap Penyelesaian Kredit Macet Kupedes Dengan Jaminan Hak Tanggungan Di BRI Unit Binaan Bank BRI Kantor Wilayah Yogyakarta

Yahya, Alvin (2016) Perlindungan Hukum Terhadap Penyelesaian Kredit Macet Kupedes Dengan Jaminan Hak Tanggungan Di BRI Unit Binaan Bank BRI Kantor Wilayah Yogyakarta. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (464Kb)

    Abstract

    Alvin Yahya. S351402001. Perlindungan Hukum Terhadap Penyelesaian Kredit Macet Kupedes Dengan Jaminan Hak Tanggungan Di BRI Unit Binan Bank BRI Kantor Wilayah Yogyakarta. 2016. Program Kenotariatan Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui dan menganalisa penyelesaian fasilitas kredit macet kupedes bank bri yang menggunakan jaminan benda tidak bergerak yang diikat dengan pengikatan jaminan hak tanggungan dimana bank bri selaku kreditur tidak menggunakan hak preferensinya dan mengetahui perlindungan hukum terhadap kreditur dan debitur dimana kreditur tidak memanfaatkan hak preferensinya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis empiris yang menitikberatkan pada penelitian lapangan. Data yang dipergunakan adalah data primer, yaitu data yang diperoleh melalui wawancara dengan para responden dan data sekunder, yaitu data yang diperoleh dari bahan pustaka. Teknik pengambilan sampel yang dipakai adalah non probability sampling dengan subyek penelitian terdiri dari responden dan narasumber. Analisa data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan maksud tidak semata-mata bertujuan untuk mengungkapkan kebenaran belaka akan tetapi memahami kebenaran tersebut. Hasil penelitian : 1) Penyelesaian fasilitas kredit kupedes macet dilakukan dengan cara kekeluargaan, melakukan penagihan sampai dengan debitur dapat menyelesaikan kewajibannya, melakukan proses administrasi penghapusbukuan. 2) Negara telah memberikan pengayoman kepada kreditur dan debitur dengan diundangkannya Undang-Undang Hak Tanggungan akan tetapi tidak digunakannya hak preferensi oleh kreditur dapat mengakibatkan dampak ketidakpastian hukum terhadap status debitur, dikarenakan waktu penyelesaian yang berlarut-larut. Kata kunci : Hak preferensi, penyelesaian kekeluargaan, penghapusbukuan, pengayoman, ketidakpastian hukum.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Magister Kenotariatan
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 02 Dec 2016 11:00
    Last Modified: 02 Dec 2016 11:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30260

    Actions (login required)

    View Item