STRATEGI ADAPTASI SOSIAL EKONOMI MENJADI SINGLE MOTHER (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PEREMPUAN SINGLE MOTHER DI DESA CEPOKOSAWIT KECAMATAN SAWIT KABUPATEN BOYOLALI)

Rahayu, Afina Septi (2016) STRATEGI ADAPTASI SOSIAL EKONOMI MENJADI SINGLE MOTHER (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PEREMPUAN SINGLE MOTHER DI DESA CEPOKOSAWIT KECAMATAN SAWIT KABUPATEN BOYOLALI). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (760Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Afina Septi Rahayu. K8412002. STRATEGI ADAPTASI SOSIALEKONOMI MENJADI SINGLE MOTHER (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PEREMPUAN SINGLE MOTHER DI DESA CEPOKOSAWIT KECAMATAN SAWIT KABUPATEN BOYOLALI. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Agustus 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi sosial ekonomi yang dilakukan single mother sebagai orangtua tunggal dalam mempertahankan kelangsungan hidup keluarganya di Desa Cepokosawit. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menghasilkan dan mengolah data penelitian yang sifatnya deskriptif, seperti transkrip wawancara dan observasi.Populasi dalam penelitian ini adalah semua warga perempuan di Desa Cepokosait, Kecamatan Sawit, Boyolali. Informan yang terpilih adalah beberapa single mother di Desa Cepokosawit. Teknik pengambilan informan dilakukan menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan kriteria tertentu, yaitu (1) informan adalah seorang single mother yang telah berpisah dengan suaminya minimal selama 4 tahun; (2) mempunyai tanggungan anak yang masih sekolah dan belum menikah; (3) berasal dari keluarga menengah kebawah. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik wawancara dan observasi dengan cara mengamati kehidupan single motherselama beberapa hari dalam menjalankan perannya di keluarga. Uji validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data (data reduction), sajian data (data display) dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data (conclution drawing). Hasil penelitian menunjukkan bahwa:Pertama, strategi sosial yang ditunjukkan oleh single mother adalah dengan tinggal bersama orangtua untuk menghindari tekanan sosial di masayarakat, melibatkan orangtua dalam hal pengasuhan anak ketika single mother bekerja, mengikuti berbagai kegiatan di masyarakat untuk menghilangkan kesan buruk terhadap single mother dan bersikap mandiri dalam membesarkan dan mengasuh anak tanpa keterlibatan dari mantan suami. Kedua, strategi adaptasi ekonomi pada keluarga single mother nampak pada bagaimana mereka menyelaraskan antara jumlah pendapatan dengan kebutuhan hidup keluarga setiap harinya dan mensiasati biaya tempat tinggal dengan cara kembali tinggal bersama orangtua.Bentuk perencanaan ekonomi juga terlihat dari cara single mother menabung, menyisihkan sebagaian pendapatannya sedikit demi sedikit yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anaknya dan digunakan untuk kebutuhan yang mendesak. Kata Kunci : single mother, adaptasi, Talcott Parsons, konsep AGIL

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sosiologi Antropologi
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 02 Dec 2016 10:52
    Last Modified: 02 Dec 2016 10:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30256

    Actions (login required)

    View Item