PENGARUH PERSEPSI AUDITOR INTERNAL ATAS KODE ETIK TERHADAP KUALITAS AUDIT KINERJA (Studi Empiris pada Auditor di BPKP Perwakilan Provinsi Jawa Timur)

Saputro, Yuwono Dwi (2016) PENGARUH PERSEPSI AUDITOR INTERNAL ATAS KODE ETIK TERHADAP KUALITAS AUDIT KINERJA (Studi Empiris pada Auditor di BPKP Perwakilan Provinsi Jawa Timur). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (901Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh persepsi auditor internal atas kode etik terhadap kualitas audit kinerja pada Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur. Persepsi auditor intenal atas kode etik meliputi integritas, objektivitas, kerahasian dan kompetensi. Penelitian ini merupakan penelitian survei yang bersifat causal study dimana peneliti ingin menemukan penyebab dari satu atau lebih masalah. Data penelitian diperoleh dari kuesioner yang diisi oleh auditor di Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur. Jumlah sampel responden dalam penelitian ini sebanyak 130 orang yang berprofesi sebagai pejabat fungsional auditor. Hasil penelitian menunjukkan hasil bahwa integritas, kerahasiaan dan kompetensi berpengaruh positif terhadap kualitas audit kinerja. Sedangkan objektivitas tidak berpengaruh terhadap kualitas audit. Pada hasil uji regresi dalam penelitian ini disimpulkan bahwa semua variabel independen berpengaruh terhadap kualitas audit yaitu sebesar 76,9 % sedangakan sisanya 23,1% dipengaruhi oleh faktor lain. Simpulan dari penelitian ini adalah integritas, kerahasiaan, dan kompetensi mempunyai pengaruh positif terhadap kinerja auditor internal. Dalam penelitian ini, objektivitas ternyata tidak berpengaruh positif terhadap kualitas audit kinerja. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu untuk memperluas lingkup responden pada instansi auditor internal pemerintah yang lain atau auditor eksternal pemerintah, kemudian masih terdapat variabel independen lain yang dapat diduga berpengaruh terhadap kualitas hasil pemeriksaan. Penelitian selanjutnya diharapkan menggunakan persepsi dari supervisor atau atasan auditor. Kata kunci: Integritas, Objektivitas, Kerahasiaan, Kompetensi dan Kualitas Audit Kinerja

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 02 Dec 2016 10:46
    Last Modified: 02 Dec 2016 10:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30253

    Actions (login required)

    View Item