ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN WAJIB LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Empiris pada Pemerintah Kabupaten/Kota di Indonesia Tahun 2014)

Wiguna, Mahmuddin (2016) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN WAJIB LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Empiris pada Pemerintah Kabupaten/Kota di Indonesia Tahun 2014). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (226Kb)

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan wajib LKPD sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah nomor 71 Tahun 2010. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pemerintah daerah kabupaten/kota di Indonesia tahun 2014. Teknik penentuan sampling menggunakan metode purposive sampling, sampel seluruhnya berjumlah 448 pemerintah daerah kabupaten/kota. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan aplikasi Statistical Package The Social Science (SPSS) 20. Penelitian ini menghasilkan bahwa ukuran daerah (total aset) dan indeks pembangunan manusia (IPM) berpengaruh signifikan terhadap tingkat pengungkapan wajib LKPD kabupaten/kota di Indonesia, sedangkan kekayaan pemerintah daerah (PAD), umur pemerintah daerah dan jumlah anggota DPRD, tidak berpengaruh terhadap tingkat pengungkapan wajib LKPD kabupaten/kota di Indonesia. Pemerintah daerah kota memiliki tingkat pengungkapan wajib LKPD yang lebih baik daripada pemerintah daerah kabupaten. Kata kunci: Total aset, kekayaan daerah (PAD), umur pemerintah daerah, tipe pemerintah daerah, indeks pembangunan manusia (IPM), dan jumlah anggota DPRD

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 02 Dec 2016 10:14
    Last Modified: 02 Dec 2016 10:14
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30237

    Actions (login required)

    View Item