PENGARUH KARAKTERISTIK DAERAH TERHADAP PENGUNGKAPAN SUKARELA DALAM WEBSITE PEMDA DI INDONESIA (Studi Empiris pada Kabupaten/Kota di Indonesia)

Liqoana, M. Adim (2016) PENGARUH KARAKTERISTIK DAERAH TERHADAP PENGUNGKAPAN SUKARELA DALAM WEBSITE PEMDA DI INDONESIA (Studi Empiris pada Kabupaten/Kota di Indonesia). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (450Kb)

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh ukuran daerah, ketergantungan pemerintah daerah terhadap pemerintah pusat (intergovernmental revenue), tipe pemerintah daerah, umur administratif pemerintah daerah, jumlah anggota DPRD, dan indeks pembangunan manusia terhadap pengungkapan sukarela pemerintah daerah di website yang dikelolanya. Penelitian ini merupakan penelitian terapan dengan metode eksperimen. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah pemerintah kabupaten dan kota di Indonesia yang memiliki website dan data yang dibutuhkan. Jumlah total sampel yang diuji adalah 414 kabupaten/kota dengan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intergovernmental revenue (ketergantungan daerah) berpengaruh negatif terhadap pengungkapan sukarela. Umur administratif daerah dan jumlah anggota DPRD di pemerintah daerah berpengaruh positif terhadap pengungkapan sukarela dalam website pemda. Variabel ukuran daerah dan indeks pembangunan manusia tidak berpengaruh terhadap kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa pemerintah kota memiliki pengungkapan sukarela yang lebih baik dibandingkan dengan pemerintah kabupaten. Kata Kunci: ukuran daerah, tingkat ketergantungan daerah (intergovernmental revenue), tipe pemerintah daerah, umur administratif daerah, anggota DPRD, indeks pembangunan manusia, pengungkapan sukarela pemerintah daerah

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 02 Dec 2016 10:12
    Last Modified: 02 Dec 2016 10:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30236

    Actions (login required)

    View Item