IMPLEMENTASI AKAD MURABAHAH DALAM PEMBIAYAAN KEPEMILIKAN PERUMAHAN RAKYAT BERDASARKAN FATWA DEWAN SYARIAH NASIONAL MAJELIS ULAMA INDONESIA NOMOR 04/DSN-MUI/IV/2000 (Studi Kasus Pada PT. Bank Negara Indonesia Syariah Cabang Surakarta)

, Jumakhir (2016) IMPLEMENTASI AKAD MURABAHAH DALAM PEMBIAYAAN KEPEMILIKAN PERUMAHAN RAKYAT BERDASARKAN FATWA DEWAN SYARIAH NASIONAL MAJELIS ULAMA INDONESIA NOMOR 04/DSN-MUI/IV/2000 (Studi Kasus Pada PT. Bank Negara Indonesia Syariah Cabang Surakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (561Kb)

    Abstract

    Pembiayaan murabahah merupakan salah satu tulang punggung dalam pembiayaan pada perbankan syariah di Indonesia. Pembiayaan ini menempati posisi tertinggi dibanding dengan jenis pembiayaan lainnya. Salah satu pembiayaan dengan akad murabahah yang banyak diterapkan oleh perbankan syariah termasuk Bank Negara Indonesia Syariah adalah pembiayaan kepemilikan perumahan rakyat. Bahkan jenis pembiayaan ini merupakan yang dominan dibandingkan yang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat kesesuaian antara praktek pembiayaan perumahan rakyat dengan akad murabahah pada Bank Negara Indonesia Syariah dengan Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia nomor 04/DSN-MUI/IV/2000 tentang akad murabahah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Fokus penelitian ini terkait aktivitas pembiayaan kepemilikan perumahan rakyat dengan menggunakan akad murabahah pada Bank BNI Syariah cabang Surakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sumber data yang digunakan adalah data primer dengan observasi dan wawancara, dan data sekunder dengan menggunakan dokumentasi terkait pembiayaan. Sedangkan metode analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Dari hasil penelitian diketahui bahwa secara umum pembiayaan kepemilikan perumahan rakyat dengan akad murabahah pada bank BNI syariah sesuai dengan Fatwa Dewan Syariah Nasional nomor 04/DSN-MUI/IV/2000.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 02 Dec 2016 09:59
    Last Modified: 02 Dec 2016 09:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30231

    Actions (login required)

    View Item