Pengaruh Whistleblowing System dan Budaya Etis Organisasi Terhadap Kecurangan (Studi Kasus Dinas di Kabupaten Sukoharjo)

Nurayati, Devi (2016) Pengaruh Whistleblowing System dan Budaya Etis Organisasi Terhadap Kecurangan (Studi Kasus Dinas di Kabupaten Sukoharjo). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (525Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi para Pegawai Negeri Sipil (PNS) mengenai pengaruh whistleblowing system dan budaya etis organisasi terhadap kecurangan pada sektor pemerintah. Penelitian ini dilakukan pada 6 Dinas Pemerintah Daerah Kabupaten Sukoharjo, dengan teknik pengambilan sampel adalah sampel area. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner yang disebar pada 50 PNS. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) whistleblowing system berpengaruh negatif terhadap kecurangan pada sektor pemerintah, (2) budaya etis organisasi berpengaruh negatif terhadap kecurangan pada sektor pemerintah, (3) whistleblowing system dan budaya etis organisasi secara bersama berpengaruh negatif terhadap kecurangan pada sektor pemerintah. Saran dalam penelitian ini, kepada sektor pemerintah khususnya Dinas Pemerintah Daerah Kabupaten Sukoharjo diharapkan dapat menerapkan whistleblowing system karena terbukti mampu mengurangi kecurangan serta meningkatkan perlindungan terhadap whistleblower. Diharapkan Kepala Dinas Pemerintah Daerah Kabupaten Sukoharjo dapat mengadakan seminar mengenai budaya etis organisasi bagi semua pegawainya sehingga dapat diaplikasikan pada instansinya masing-masing pada saat bekerja.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 02 Dec 2016 09:25
    Last Modified: 02 Dec 2016 09:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30215

    Actions (login required)

    View Item