Peningkatan Pemahaman Konsep Masalah Sosial Melalui Strategi Learning Cell Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Boyolali Tahun Ajaran 2015/2016

ARDANTO W, SYAHRIAR (2016) Peningkatan Pemahaman Konsep Masalah Sosial Melalui Strategi Learning Cell Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Boyolali Tahun Ajaran 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (788Kb)

    Abstract

    Abstract: The purpose of this research is to improve the understanding of social problem concept the IV grade students of SD Negeri 3 Boyolali in the academic year of 2015/2016 by applying learning cell strategy.The form of this research was Classroom Action Researches (CAR) that consist of two cycles, each cycles consist of planning, action, observation, and reflection. The subjects of this research is the fourth grade which has 36 students, consist of 12 males and 24 females. The technique of collecting data are observation, interview, documentation, and test. The data validation test used in this research is content validity by expert judgment. The technique of analysis data used is interactive analyses model which consist of three components, they are data reduction, data display, and conclusion. Based on the result of the research, it can be concluded that learning cell strategy can improves the understanding of social problem concept in the fourth grade students of SD Negeri 3 Boyolali in the academic year of 2015/2016. Abstrak: Tujuan penelitia ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep masalah sosial pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Boyolali tahun ajaran 2015/2016 melalui penerapan strategi learning cell. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, penagamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 36 siswa, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik uji validitas data yang digunakan adalah validitas isi melalui expert jugdment. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa strategi learning cell dapat meningkatkan pemahaman konsep masalah sosial siswa kelas IV SD Negeri 3 Boyolali tahun ajaran 2015/2016.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Figur Hisnu Aslam
    Date Deposited: 02 Dec 2016 08:47
    Last Modified: 02 Dec 2016 08:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30204

    Actions (login required)

    View Item