Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII E Dalam Mengikuti Pelajaran IPS SMP Negeri 14 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016 ( Materi Pokok Permasalahan Kependudukan dan Dampaknya Terhadap Pembangunan )

PURNOMO, SIDIK (2016) Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII E Dalam Mengikuti Pelajaran IPS SMP Negeri 14 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016 ( Materi Pokok Permasalahan Kependudukan dan Dampaknya Terhadap Pembangunan ). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (174Kb)

    Abstract

    Sidik Purnomo (K5411059) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI 14 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (Materi Pokok Permasalahan Kependudukan dan Dampaknya Terhadap Pembangunan).Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. Juni 2016. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa pada materi pokok permasalahan kependudukan dan dampaknya terhadap pembangunan melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). 2) Mengetahui peningkatan hasil belajar IPS siswa pada materi pokok permasalahan kependudukan dan dampaknya terhadap pembangunan melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 14 Surakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, test dan dokumentasi. Data keterlaksanaan pembelajaran dan motivasi belajar siswa diperoleh dari hasil observasi yang dilakukan selama proses pembelajaran, sedangkan untuk data kemampuan hasil belajar siswa diperoleh dari hasil tes akhir siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) motivasi belajar siswa pada siklus I meningkat dari 31,25% menjadi 59,38% dan pada siklus II menjadi 81,25% dengan kategori motivasi tinggi. 2) hasil belajar siswa pada siklus I meningkat dari 21,87% menjadi 56,25% dan pada siklus II meningkat menjadi 78,12%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII E SMP Negeri 14 Surakarta. Kata kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL),motivasi, hasil belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Yanny Wulandari
    Date Deposited: 02 Dec 2016 08:46
    Last Modified: 02 Dec 2016 08:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30202

    Actions (login required)

    View Item