EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DAN EXAMPLES NON EXAMPLES DALAM HAL MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X IPS SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016 (Materi Pokok Hubungan Manusia Dengan Lingkungan Akibat Dari Dinamika Litosfer)

ARISANDI, RISDHAM (2016) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DAN EXAMPLES NON EXAMPLES DALAM HAL MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X IPS SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016 (Materi Pokok Hubungan Manusia Dengan Lingkungan Akibat Dari Dinamika Litosfer). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1153Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Risdham Arisandi. (K5411057). EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DAN EXAMPLES NON EXAMPLES DALAM HAL MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X IPS SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016 (Pada Materi Pokok Hubungan Manusia dan Pemanfaatan Batuan Penyusun Lithosfer). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. Juli 2016. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa menggunakan metode Picture and Picture, metode Examples Non Examples, dan metode Ceramah, 2) Untuk mengetahui efektivitas metode Picture and Picture dibandingkan dengan metode Ceramah dalam hal motivasi dan hasil belajar, 3) Untuk mengetahui efektivitas metode Examples Non Examples dibandingkan dengan metode ceramah dalam hal motivasi dan hasil belajar, 4) Untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran Picture and Picture dibandingkan dengan metode pembelajaran Examples Non Examples dalam hal motivasi dan hasil belajar pada materi pokok “Hubungan manusia dan pemanfaatan batuan penyusun lithosfer” siswa kelas X IPS SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian nonrandomized control group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas X IIS SMA 1 Muhammadiyah 1 Surakarta, dan sampel diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk perolehan data hasil belajar, observasi untuk perolehan data sikap siswa, keterampilan dan penilaian guru mengajar, serta angket untuk mengukur motivasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Varian Dua Arah (Two Way Anova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada perbedaan motivasi dan hasil belajar antara menggunakan metode Picture and Picture, metode Examples Non Examples, dan metode Ceramah (17.188 > 3,07) dan hasil belajar (13.187 > 3.70), 2) Metode Picture and Picture lebih efektif dibandingkan dengan metode Ceramah dalam hal motivasi (0,00 < 0,05) dan hasil belajar (0,00 < 0,05), 3) Metode Examples Non Examples lebih efektif dibandingkan dengan metode Ceramah dalam hal motivasi (0,006 < 0,05) dan hasil belajar (0,029 < 0,05), 4) Metode Picture and Picture lebih efektif daripada metode Examples Non Examples, dan metode ceramah dalam hal motivasi dan hasil belajar Geografi menghasilkan rerata nilai hasil dan motivasi kelas Picture and Picture dan Examples Non Examples (0,03 > 0,05) dan (0,048 > 0,05) pada materi pokok “Hubungan manusia dan pemanfaatan batuan penyusun lithosfer” siswa kelas X IPS SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Kata Kunci: Picture and Picture, Examples Non Examples, Motivasi, dan Hasil

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Yanny Wulandari
    Date Deposited: 02 Dec 2016 08:38
    Last Modified: 02 Dec 2016 08:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30192

    Actions (login required)

    View Item