Kepribadian Tokoh Utama dan Nilai Pendidikan Kerja Keras pada Novel Entrok Karya Okky Madasari dan Relevansinya dengan Pembelajaran Sastra di Perguruan Tinggi (Kajian Psikologi Sastra)

SETYORINI, RIRIN (2016) Kepribadian Tokoh Utama dan Nilai Pendidikan Kerja Keras pada Novel Entrok Karya Okky Madasari dan Relevansinya dengan Pembelajaran Sastra di Perguruan Tinggi (Kajian Psikologi Sastra). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (954Kb)

    Abstract

    Sastra merupakan suatu media yang dapat dijadikan sebagai perkembangan kepribadian dan karakter seseorang. hal tersebut karena di dalam sebuah karya sastra memiliki banyak nilai pendidikan yang dapat diambil nilai positifnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: 1) Tokoh dan Penokohan tokoh utamapada Novel Entrok karya Okky Madasari, 2) aspek kepribadian tokoh utama dalam novel Entrok karya Okky Madasari berdasarkan teori kepribadian psikologi Sigund Freud, 3) nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Entrok karya Okky Madasari, 4) relevansi kepribadian tokoh dan nilai pendidikan karakter dalam novel Entrok karya Okky Madasari dengan pendidikan sastra di perguruan tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa paragraf yang terdapat dalam novel Entrok Karya Okky Madasari dan sumber data novel Entrok karya Okky Madasari serta buku acuan yang berkenaan dengan penelitian. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, teknik pengumpulan data dengan 3 teknik yaitu teknik baca, teknik catat, dan teknik wawancara. Teknik validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah trianggulasi data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi atau content analysis. Prosedur penelitian dalam penelitian ini mencakup tiga tahapan, yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap penyelesaian. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukannya (1) tokoh dan penokohan dari tokoh utama dalam novel Entrok karya Okky Madasari, (2) aspek kepribadian id, ego, dan superego dari tokoh utama yaitu Marni dan Rahayu, (3) niai pendidikan kerja keras dari tokoh utama Marni dan Rahayu, (4) relevansi novel, nilai pendidikan kerja keras dalam novel, dan aspek kepribadian dalam novel dengan pembelajaran sastra di perguruan tinggi. Kata Kunci: Psikologi sastra, kepribadian, Sigmund Freud, Nilai Pendidikan, Kerja keras. Novel.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: Yanny Wulandari
    Date Deposited: 02 Dec 2016 08:35
    Last Modified: 02 Dec 2016 08:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30189

    Actions (login required)

    View Item