Profil Kemampuan Menganalisis Siswa Kelas XI IPS SMa Negeri 3 Surakarta PAda MAteri Tansformasi Geometri Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa

Kusumawati, Farida Leni (2016) Profil Kemampuan Menganalisis Siswa Kelas XI IPS SMa Negeri 3 Surakarta PAda MAteri Tansformasi Geometri Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (462Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Farida Leni Kusumawati. K1312030. PROFIL KEMAMPUAN MENGANALISIS SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 SURAKARTA PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Oktober 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Surakarta dalam menganalisis materi transformasi geometri ditinjau dari gaya kognitif siswa menurut revisi taksonomi Bloom. Subjek dalam penelitian adalah 4 orang siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 3 Surakarta dengan teknik pemilihan subjek purposive sample. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitan ini adalah tes dan wawancara. Proses analisis data dalam penelitian ini mengikuti Model Miles and Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Profil kemampuan menganalisis pada siswa dengan gaya kognitif field independent, yaitu: mampu mengumpulkan informasi penting/relevan, mampu fokus pada informasi penting/relevan, menyajikan informasi penting/relevan dalam bentuk kalimat dan juga ada yang lebih cenderung untuk menyajikannya dalam visualisasi gambar, tidak semua siswa field independent dapat mengumpulkan semua informasi penting ketika diawal sebelum melakukan penyelesaian masalah, mampu merumuskan tujuan atau menentukan maksud dari suatu persoalan yang dihadapi dengan baik, dalam menyelesaikan soal ada yang cenderung menyelesaiakan dengan sudut pandang geometri dan ada pula yang lebih cenderung untuk menyelesaikannya secara analitik, dan mampu memadukan informasi penting yang diperoleh dengan pengetahuan yang telah tersimpan serta mampu menggunakan konsep, sifat, dan definisi yang relevan dengan persoalan yang dihadapi. Profil kemampuan menganalisis pada siswa dengan gaya kognitif field dependent, yaitu: ada siswa yang mampu menentukan informasi penting selain dari kalimat soal dan ada pula siswa yang hanya mengulangi pernyataan dalam kalimat soal, menyajikan informasi penting/relevan dalam bentuk uraian kalimat, cenderung menggabungkan sudut pandang geometri dan analitik dalam menyelesaikan soal, dapat merumuskan tujuan yang hendak dicapai walaupun dalam merumuskan ada siswa yang masih membutuhkan bimbingan, ada siswa yang hanya menerima informasi yang telah tersusun tanpa mampu menyusunnya kembali, namun ada juga siswa yang mampu menjelaskan bagaimana proses penyusunan informasi yang telah tersusun. Kata Kunci: profil, kemampuan menganalisis, revisi taksonomi Bloom, konstruktivistik, gaya kognitif.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Figur Hisnu Aslam
    Date Deposited: 02 Dec 2016 08:31
    Last Modified: 02 Dec 2016 08:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30186

    Actions (login required)

    View Item