PENYULUH SEBAGAI KOMUNIKATOR PROGRAM KELUARGA BERENCANA (Studi Kasus Karakter dan Atribusi Penyuluh sebagai Komunikator Program Keluarga Berencana di Kabupaten Sukoharjo)

SEKAR L, RARA AYU (2016) PENYULUH SEBAGAI KOMUNIKATOR PROGRAM KELUARGA BERENCANA (Studi Kasus Karakter dan Atribusi Penyuluh sebagai Komunikator Program Keluarga Berencana di Kabupaten Sukoharjo). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (409Kb)

    Abstract

    ABSTRAK RARA AYU SEKAR LANGIT NIM: S231408001. 2016. PENYULUH SEBAGAI KOMUNIKATOR PROGRAM KELUARGA BERENCANA (Studi Kasus Karakter dan Atribusi Penyuluh Program Keluarga Berencana di Kabupaten Sukoharjo).TESIS. Pembimbing I: Prof. Dr. Widodo Muktiyo, II: Dra. Prahastiwi Utari, M. Si., Ph. D., Magister Ilmu Komunikasi (Manajemen Komunikasi), Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret. Beberapa dekade ini Program Keluarga Berencana mengalami kemajuan yang stagnan. Di dalam sebuah penyuluhan, komunikator memegang peran penting. Efektifitas komunikasi bergantung pada siapa dan bagaimana pesan disampaikan. Di dalam berkomunikasi seorang komunikator dipengaruhi oleh karakter yang dia miliki. Karakter mempengaruhi perilaku dan juga cara pandang seseorang termasuk bagaimana dia menilai orang lain. Atribusi dilakukan untuk memprediksi karakter dari orang lain. Atribusi membantu seseorang di dalam proses memprediksi karakter orang lain. Proses ini membantu kita mampu menyesuaikan pola komunikasi kita dengan lawan bicara. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana karakter dan atribusi penyuluh sebagai komunikator Program Keluarga Berencana di Kabupaten Sukoharjo. Dengan metode studi kasus, penelitian ini dilakukan di Kecamatan Kartasura dan Kecamatan Gatak. Teknik sampling yang dilakukan adalah purposive jenis maximum variation sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara kepada 9 orang informan. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan memadukan proses analisis data dari Miles dan Huberman dengan Spradley dan Yin. Untuk validitas data, penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa petugas penyuluh Program Keluarga Berencana memiliki karakter cerdik, greteh, grapyak, dan bersimpati. Dari karakter tersebut ditemukan bahwa petugas penyuluh kurang memiliki motivasi dan tidak proaktif di dalam pekerjaan mereka. Selanjutnya untuk analisis atribusi terhadap audiens, atribusi dilakukan dengan melihat lokasi penyuluhan dan audiens itu sendiri. Kata kunci: KB, komunikator, karakter, atribusi

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Depositing User: Yanny Wulandari
    Date Deposited: 02 Dec 2016 08:30
    Last Modified: 02 Dec 2016 08:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30185

    Actions (login required)

    View Item