Penentuan Waktu Kedatangan Pesawat di Bandar Udara Husein Sastranegara Bandung dengan Sistem Persamaan Linear atas Aljabar Maks-Plus

KARTIKA, CASILDA REVA (2016) Penentuan Waktu Kedatangan Pesawat di Bandar Udara Husein Sastranegara Bandung dengan Sistem Persamaan Linear atas Aljabar Maks-Plus. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2135Kb)

    Abstract

    Aljabar maks-plus merupakan cabang dari ilmu matematika dalam bidang aljabar. Aljabar maks-plus yang dinotasikan dengan R_max merupakan himpunan dari R∪{ε} dengan ε=-∞ yang dilengkapi dua operasi hitung maksimum (⊕) dan penjumlahan (⊗). Salah satu penerapan aljabar maks-plus dalam suatu permasalahan di dalam kehidupan sehari-hari adalah penjadwalan yang merupakan contoh dari Sistem Kejadian Diskrit (SKD). Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan waktu keberangkatan pesawat dari bandar udara asal serta waktu kedatangan pesawat di Bandar Udara Husein Sastranegara Bandung. Dalam penentuan jadwal, secara umum dilakukan dengan menyelesaikan sistem persamaan linear A⊗x=b, dengan A merupakan matriks yang elemennya berupa penjumlahan dari durasi penerbangan dan durasi transfer pesawat dan x merupakan matriks waktu keberangkatan pesawat dari bandar udara asal. Hasil penelitian yang diperoleh adalah jadwal keberangkatan pesawat dari 14 bandar udara asal serta jadwal kedatangan pesawat di Bandar Udara Husein Sastranegara Bandung yaitu pada pukul 07.30 WIB, 07.40 WIB, dan 08.30 WIB.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
    Depositing User: Figur Hisnu Aslam
    Date Deposited: 02 Dec 2016 08:28
    Last Modified: 02 Dec 2016 08:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30184

    Actions (login required)

    View Item