PERANAN JARINGAN KOMUNIKASI TERHADAP PROSES ADOPSI INOVASI BUDIDAYA KAMBING PERANAKAN ETAWA/PE (Studi Perbandingan Pola Jaringan Komunikasi pada Kelompok Ternak Mendasari dan Mantep Makaryo di Kabupaten Kulon Progo, D.I Yogyakarta)

SASMITO, PUSPO (2016) PERANAN JARINGAN KOMUNIKASI TERHADAP PROSES ADOPSI INOVASI BUDIDAYA KAMBING PERANAKAN ETAWA/PE (Studi Perbandingan Pola Jaringan Komunikasi pada Kelompok Ternak Mendasari dan Mantep Makaryo di Kabupaten Kulon Progo, D.I Yogyakarta). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (970Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola jaringan komunikasi pada proses adopsi inovasi budidaya kambing peranakan etawa (PE) yang sudah dilakukan oleh kelompok ternak Mendasari dan Mantep Makaryo di Kabupaten Kulon Progo. Difusi inovasi merupakan manifestasi dari teori komunikasi konvergensi yang menjadi laar belakang lahirnya kajian jaringan komunikasi. Sejauh mana indikator jaringan komunikasi berperan dalam proses adopsi inovasi (knowledge, persuasion, decision, implementation dan confirmation) menjadi salah satu persoalan yang harus dibuktikan secara empiris. Analisis jaringan komunikasi merupakan metode penelitian yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi strukur dan pola komunikasi serta posisi aktor berikut perannya dalam sebuah sistem sosial. Penelitian dilakukan terhadap 46 responden dalam desain complete networks dengan memilih level analisis pada tingkat aktor. Analisis dilakukan dalam 2 tahap, meliputi analisis sosiometri untuk melihat hubungan antar anggota dalam setiap kelompok ternak sehingga diperoleh pola jaringan komunikasi yang terjadi di dalam kelompok menggunakan program Ucinet 6.0 dan analisis regresi untuk melihat hubungan antara jaringan komunikasi dengan proses adopsi inovasi menggunakan paket program SPSS 20.0. Penelitian menemukan bahwa pola jaringan komunikasi yang terbentuk termasuk dalam struktur roda dengan pemusatan pada 2 (dua) orang star dalam setiap kelompok. Pola jaringan komunikasi termasuk dalam kelompok jaringan tertutup yang memungkinkan terjadinya aliran informasi yang lebih beragam. Penelitian membuktikan adanya hubungan yang signifikan antara jaringan komunikasi dengan proses adopsi inovasi budidaya kambing PE. Uji F menegaskan bahwa semua indikator jaringan yang digunakan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap setiap proses adopsi. Kata kunci: jaringan komunikasi, adopsi inovasi, kambing peranakan etawa (PE)

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Pasca Sarjana
    Depositing User: Yanny Wulandari
    Date Deposited: 02 Dec 2016 08:20
    Last Modified: 02 Dec 2016 08:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30178

    Actions (login required)

    View Item