PENGARUH MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2014)

PRA, PUPUT ANDRIYANTI (2016) PENGARUH MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2014). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (813Kb)

    Abstract

    ABSTRAK PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2014) PUPUT ANDRIYANTI PRATIWI NIM F1314067 Penelitian ini menguji pengaruh mekanisme corporate governance terhadap kinerja keuangan perusahaan di Indonesia. Indikator corporate governance adalah dewan komisaris, dewan direksi, komisaris independen, komite audit dan kepemilikan institusional. Kinerja keuangan perusahaan diukur dengan return on asset (ROA). Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2014 dengan menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian menggunakan regresi linier berganda menunjukkan bahwa pengaruh corporate governance yang diproksikan oleh dewan direksi, komisaris independen, dan kepemilikan institusional mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan, sedangkan dewan komisaris dan komite audit tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan. Kata kunci: corporate governance, kinerja keuangan perusahaan Data tersedia: www.idx.co.id

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Yanny Wulandari
    Date Deposited: 02 Dec 2016 08:17
    Last Modified: 02 Dec 2016 08:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30177

    Actions (login required)

    View Item