Efektivitas Penggunaan Metode Pembelajaran Mind Map dan Metode Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016.

GURIDNO, PANJI (2016) Efektivitas Penggunaan Metode Pembelajaran Mind Map dan Metode Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (765Kb)

    Abstract

    Panji Guridno. K5411048. Efektivitas Penggunaan Metode Pembelajaran Mind Map dan Metode Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. Maret 2016 Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan berdasarkan penggunaan metode pembelajaran mind map dan ceramah pada sub bab tektonisme kelas X SMA Negeri 5 Surakarta tahun ajaran 2015/2016, (2) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan berdasarkan penggunaan metode pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan metode ceramah, (3) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan berdasarkan penggunaan metode pembelajaran mind map dan Think Talk Write (TTW), (4) Untuk mengetahui keefektivan penggunaan metode pembelajaran mind map dan Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah quasi experimental design atau penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPS SMA Negeri 5 Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Sampel penelitian diambil dengan teknik simple random sampling dan diperoleh kelas X IPS 1 sebagai kelas kontrol, kelas X IPS 4 sebagai kelas eksperimen 1 diterapkan metode pembelajaran peta pikiran (mind map), dan kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen 2 diterapkan metode pembelajaran think talk write (TTW). Teknik pengumpulan data menggunakan tes pengetahuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah anava satu jalan (one way anova) dan dilanjutkan pasca anava dengan metode Tukey pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa (1) Ada perbedaan hasil belajar siswa berdasarkan penggunaan metode pembelajaran mind map, think talk write, dan metode pembelajaran ceramah pada subbab tektonisme dan vulkanisme kelas X SMA Negeri 5 Surakarta tahun ajaran 2015/2016, (2) Hasil belajar siswa berdasarkan penggunaan metode pembelajaran mind map lebih baik dibandingkan penggunaan metode pembelajaran ceramah, (3) Hasil belajar siswa berdasarkan penggunaan metode pembelajaran think talk write lebih baik dibandingkan penggunaan metode pembelajaran ceramah, (4) Hasil belajar siswa berdasarkan penggunaan metode pembelajaran mind map sama baiknya dibandingkan penggunaan metode pembelajaran think talk write Kata Kunci : Mind Map, Think Talk Write, Hasil Belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Yanny Wulandari
    Date Deposited: 02 Dec 2016 08:04
    Last Modified: 02 Dec 2016 08:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30174

    Actions (login required)

    View Item