Karakteristik Mutu Minyak Atsiri Limbah Kulit Jeruk Manis Pacitan (Citrus aurantium L.) Hasil Ekstraksi Menggunakan Metode Microwave Assisted Extraction (MAE) dengan Pelarut Etanol

NURLIA, NOVITA (2016) Karakteristik Mutu Minyak Atsiri Limbah Kulit Jeruk Manis Pacitan (Citrus aurantium L.) Hasil Ekstraksi Menggunakan Metode Microwave Assisted Extraction (MAE) dengan Pelarut Etanol. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (200Kb)

    Abstract

    Kulit jeruk manis Pacitan biasanya menjadi limbah sisa pengepresan, padahal didalamnya terkandung minyak atsiri. Untuk mendapatkan minyak atsiri dilakukan proses ekstraksi, yakni dengan penyulingan dan soxhlet. Namun kedua teknik tersebut membutuhkan waktu yang lama. Pengembangan teknik ekstraksi salah satunya adalah penggunaan microwave. Faktor yang berpengaruh pada ekstraksi yaitu pelarut yang digunakan, daya dan waktu radiasi. Dalam penelitian ini dianalisis karakteristik mutu minyak atsiri meliputi rendemen, kelarutan dalam alkohol, berat jenis, putaran optik, indek bias, dan viskositas menggunakan Rancangan Acak Faktorial dengan dua kali ulangan sampel dan dua kali ulangan analisis. Selanjutnya dianalisis dengan metode One-Way Analysis of Variance (ANOVA). Bila terdapat perbedaan antar perlakuan maka dilanjutkan dengan Duncans Multiple Range Test (DMRT) pada taraf α 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya microwave berpengaruh terhadap rendemen, berat jenis, indek bias, dan putaran optik. Sedangkan lama waktu radiasi berpengaruh terhadap rendemen, viskositas, dan putaran optik. Penentuan sampel terpilih menggunakan metode uji efektivitas indek (De Garmo), diperoleh sampel terpilih dengan daya microwave 70% dan lama waktu radiasi 25 menit, dengan karakteristik rendemen 2,25%, kelarutan dalam alkohol 95% 1:4, massa jenis 0,8520 g/mL, putaran optik -79,95˚, indek bias 1,4682 dan viskositas 0,0157 Poise. Komponen senyawa aktif yang terkandung didalam minyak atsiri limbah kulit jeruk manis Pacitan terpilih adalah limonene.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian > Ilmu dan Teknologi Pangan
    Depositing User: Yanny Wulandari
    Date Deposited: 02 Dec 2016 07:53
    Last Modified: 02 Dec 2016 07:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30168

    Actions (login required)

    View Item