Ketidakadilan dan Atribusi pada Ketidakpuasan Konsumen

PARAMITA P, MUTYA (2016) Ketidakadilan dan Atribusi pada Ketidakpuasan Konsumen. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (896Kb)

    Abstract

    Kebanyakan peneliti dan praktisi lebih sering memperhatikan konsumen yang merasa puas daripada yang merasakan ketidakpuasan. Ketidakpuasan konsumen juga penting untuk diperhatikan baik oleh peneliti maupun praktisi karena akan berpengaruh pada bagaimana keberlangsungan dan reputasi suatu bisnis. Ketidakpuasan seseorang dapat berasal dari berbagai penyebab, salah satu penyebab yang kerap menimbulkan ketidakpuasan adalah ketidakadilan yang dirasakan oleh orang tersebut. Ketidakadilan merupakan faktor penyebab ketidakpuasan yang berasal dari penyedia jasa yang bersangkutan, sedangkan faktor dari dalam diri konsumen itu sendiri salah satunya adalah atribusi. Atribusi merupakan bagaimana seseorang mengestimasi penyebab suatu peristiwa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peran interaksi ketidakadilan dan atribusi seseorang pada perilaku berpindah, perilaku mengeluh, dan WOM negatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa UNS. Sampel diambil sebanyak 100 mahasiswa UNS dengan teknik convenience sampling dan data primer diperoleh dari kuesioner. Data yang diperoleh diuji dengan analisis deskriptif, korelasi, analisis varian dan MANCOVA, MANOVA, ANOVA dengan menggunakan software SPSS 17. Hasil pengujian menunjukkan bahwa atribusi dan ketidakadilan berpengaruh pada perilaku berpindah, perilaku mengeluh, dan WOM negatif seseorang. Kata Kunci: Ketidakpuasan, Ketidakadilan, Atribusi, Perilaku Berpindah, Perilaku Mengeluh, WOM Negatif.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HJ Public Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Yanny Wulandari
    Date Deposited: 02 Dec 2016 07:47
    Last Modified: 02 Dec 2016 07:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30164

    Actions (login required)

    View Item