Pengembangan Integrasi Nilai-Nilai Filosofi Kain Tapis Untuk Meningkatkan Kesadaran Budaya Pada Mahasiswa Pendidikan Sejarah Universitas Lampung.

ISTIANI, YUNI (2016) Pengembangan Integrasi Nilai-Nilai Filosofi Kain Tapis Untuk Meningkatkan Kesadaran Budaya Pada Mahasiswa Pendidikan Sejarah Universitas Lampung. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (647Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Yuni Istiani. S861502030. 2016. Pengembangan Integrasi Nilai-Nilai Filosofi Kain Tapis Untuk Meningkatkan Kesadaran Budaya Pada Mahasiswa Pendidikan Sejarah Universitas Lampung. Tesis. Magister Pendidikan Sejarah. Universitas Sebelas Maret. Pembimbing: (I) Dr. Leo Agung S, M.Pd. (II) Prof. Dr. Sariyatun, M.Pd, M.Hum. Kain Tapis merupakan salah satu kain yang terdapat pada masyarakat Lampung. Didalam beberapa jenis motif Kain Tapis mempunyai nilai Filosofi yang terkandung didalamnya. Penelitian ini bertujuan (1) a. Mengetahui model pembelajaran Kebudayaan lampung yang selama ini dilaksanakan; b Mengetahui kebutuhan model pembelajaran Kebudayaan Lampung; c Mengetahui seberapa besar kesadaran budaya pada mahasiswa di Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Lampung; (2) Mengembangkan model pembelajaran dalam mengiintegrasikan nilai-nilai Filosofi Kain Tapis dalam pembelajaran Kebudayaan Lampung di Progam Studi Pendidikan Sejarah Universitas Lampung; (3) Menilai keefektifan pembelajaran dalam mengintregrasikan nilai-nilai Filosofi Kain Tapis dalam pembelajaran Kebudayaan Lampung guna meningkatkan Kesadaran Budaya Mahasiswa Pendidikan Sejarah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development/R&D). Metode ini digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Untuk dapat menghasilkan produk maka digunakan penelitian yang bersifat analisis kebutuhan dan menguji keefektifan produk supaya dapat berfungsi dimasyarakat luas. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Lampung semester VI, dengan menggunakan kelas A sebagai kelas eksperimen dan kelas B sebagai kelas kontrol. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Hasil Uji efektifitas prestasi (kognitif) menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki perbedaan yang signifikan. Hal itu ditunjukkan bahwa hasil uji t 8,557 dengan taraf signifikan 0,78 lebih besar daripada 0,05 (0,78>0,05). Maka kelas eksperimen dan kontrol memiliki varian yang tidak sama dengan rerata kompetensi yang tidak sama juga. Uji t untuk penilaian sikap diperoleh nilai tt_hit (2,015) >t_tab(1,678) dengan taraf signifikansi 0,02 lebih kecil daripada 0,05 (0,02<0,05), maka Ho ditolak sehingga rerata sebelum dan sesudah perlakuan kelas eksperimen tidak sama. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan terhadap model pembelajaran Kebudayaan Lampung berbasis nilai-nilai Filosofi Kain Tapis untuk meningkatkan Kesadaran Budaya pada peserta didik. Dengan demikian pengembangan integrasi nilai-nilai Filosofi Kain Tapis dalam pembelajaran Kebudayaan Lampung efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan kesadaran budaya peserta didik. Kata Kunci: Kain Tapis, Kebudayaan Lampung, Nilai-nilai Filosofi Kain Tapis, Kesadaran Budaya.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: Figur Hisnu Aslam
    Date Deposited: 02 Dec 2016 07:38
    Last Modified: 17 Mar 2017 15:14
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30159

    Actions (login required)

    View Item