ANALISA TINGKAT PELAYANAN DAN PERENCANAAN PENINGKATAN RUAS JALAN TOYAN-KARANGNONGKO

R, CHRISTIANTO BUDI (2016) ANALISA TINGKAT PELAYANAN DAN PERENCANAAN PENINGKATAN RUAS JALAN TOYAN-KARANGNONGKO. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (136Kb)

    Abstract

    Ruas jalan Toyan-Karangnongko Prov. D.I.Yogyakarta direhabilitasi pada akhir tahun 2013 dari semula lebar jalan 7m menjadi 11m. Direncanakan tahun 2019 akan dioperasikan bandara baru di lokasi ruas jalan Toyan-Karangnongko sebagai pengganti bandara Adi Sucipto. Maka untuk mengetahui potensi permasalahan lalu-lintas yang timbul akibat adanya pemindahan bandara tersebut dilakukan penelitian ini sehingga diperoleh rencana penanganan yang tepat. Tahapan penelitian ini meliputi perhitungan derajat kejenuhan lalu-lintas berdasarkan data LHR dari tahun 2010 sampai dengan tahun 2015, traffic counting langsung pada bulan Juni 2016, survei langsung di lapangan untuk mengetahui data kerusakan yang ada, penilaian kondisi perkerasan menggunakan metode IRI, SDI (Surface Distress Index) dan PCI (Pavement Condition Index), menentukan sisa umur layan dan perhitungan tebal overlay pada perkerasan lentur.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saat ini di tahun 2016 nilai Ds=0,258, apabila bandara baru telah beroperasi mengakibatkan peningkatan derajat kepadatan tahun 2019 nilai Ds=0,411. Diprediksi pada tahun 2023 Ds=0,73 yang berarti lalu-lintas sudah mulai jenuh. Tahun 2016 nilai rerata IRI = 2,69, SDI = 0,5 dan termasuk dalam kondisi baik. Nilai PCI rata–rata = 95,3 dan termasuk dalam range good dengan luas total kerusakan mencapai 135,03 m2 atau setara dengan 0,12%. Penanganan menggunakan nilai IRI dan SDI maupun dengan metode PCI mendapatkan hasil penanganan di tahun 2016 cukup dilakukan pemeliharaan rutin. Dengan metode AASHTO 1993 diperoleh sisa umur layan tahun 2016 91,042%, pada saat telah beroperasinya bandara baru tahun 2019, dari semula sisa umur layan 80,72%, turun menjadi 78,32%. Saat akhir umur rencana tahun 2033, dari semula sisa umur layan tersisa 13,21% , akibat beroperasinya bandara baru menjadi tidak tersisa sama sekali karena nilai kumulatif ESAL telah melampaui nilai N1,5. di tahun 2032. Dengan asumsi akibat beroperasinya bandara baru di ruas Toyan-Karangnongko pada tahun 2019, menyebabkan perlunya penambahan overlay AC-WC setebal 4 cm yang pelaksanaannya optimal dilakukan pada tahun 2023 untuk dapat melayani pertumbuhan lalu lintas eksisting dan lalu lintas bangkitan bandara sampai dengan akhir umur rencana tahun 2033. Kata Kunci : Derajat kejenuhan, IRI, SDI, PCI, sisa umur layan, overlay.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Teknik Sipil - S2
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 02 Dec 2016 01:00
    Last Modified: 02 Dec 2016 01:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30156

    Actions (login required)

    View Item