PENERAPAN GAYA MENGAJAR RESIPROCAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RENANG GAYA CRAWL PADA SISWA PUTRI KELAS X JURUSAN TEKSTIL SMK N 9 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

NUSANTARA, BAYU DAMAR (2016) PENERAPAN GAYA MENGAJAR RESIPROCAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RENANG GAYA CRAWL PADA SISWA PUTRI KELAS X JURUSAN TEKSTIL SMK N 9 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (894Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Bayu Damar Nusantara, K4611021. “PENERAPAN GAYA MENGAJAR RESIPROCAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RENANG GAYA CRAWL PADA SISWA KELAS X JURUSAN TEKSTIL SMK NEGERI 9 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016”., Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Surakarta Universitas Sebelas Maret, Juli 2016. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan renang gaya crawl dengan menerapkan gaya mengajar resiprokal di kelas X SMK Negeri 9 Surakarta pada tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus, yang masing-masing terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMK Negeri 9 Surakarta, yang terdiri dari 30 siswa perempuan. Sumber data berasal dari guru, siswa, dan peneliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi atau arsip. Validasi data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik deskriptif berdasarkan analisis kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan gaya mengajar resiprokal bisa meningkatkan hasil belajar dari renang gaya crawl dari pra-siklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Dari hasil analisis, dapat ditemukan bahwa mengenai hasil belajar dari renang gaya crawl, dari 30 siswa, 20 (66,67%) telah melewati kriteria pada siklus I dan meningkat menjadi 25 siswa (83,33%) pada siklus II, sedangkan 5 siswa lainnya belum namun dengan KKM 2,66. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan gaya mengajar resiprokal bisa meningkatkan hasil belajar dari berenang gaya crawl di kelas X SMK Negeri 9 Surakarta pada tahun ajaran 2015/2016. Kata kunci: Hasil Belajar, renang gaya crawl, penerapan gaya mengajar resiprokal.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 02 Dec 2016 00:39
    Last Modified: 02 Dec 2016 00:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30151

    Actions (login required)

    View Item