PEMBUATAN SISTEM INFORMASI UNIT SIMPAN PINJAM SYARIAH KPRI UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA

Tama, Enggar Desi (2016) PEMBUATAN SISTEM INFORMASI UNIT SIMPAN PINJAM SYARIAH KPRI UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (399Kb)

    Abstract

    KPRI UNS Unit Simpan Pinjam Syariah merupakan suatu unit lembaga keuangan syariah yang memiliki usaha simpan dan pinjam berdasarkan syariat Islam. Simpanan yang ada meliputi simpanan wadiah (simpanan rutin) dan simpanan berjangka (deposito). Pinjaman yang ada meliputi pinjaman ijarah (akad sewa), pinjaman murabahah (akad jual-beli), dan pinjaman qardh (dana talangan). Anggota dari unit simpan pinjam ini adalah pegawai yang ada di Universitas Sebelas Maret Surakarta. Saat ini pelayanan simpan pinjam yang ada di unit masih dilakukan secara manual, dimana staff harus menginputkan data anggota yang memiliki simpanan dan pinjaman ke dalam Microsoft Excel. Dengan demikian staff akan kesulitan apabila akan mencari data anggota tertentu, menghitung jumlah saldo, maupun jumlah angsuran setiap anggota yang memiliki pinjaman. Metode penelitian yang digunakan untuk membuat sistem ini adalah dengan pengumpulan data (penelitian langsung ke KPRI UNS Unit Simpan Pinjam Syariah), analisa sistem (menentukan kebutuhan fungsional dan non fungsional sistem), perancangan sistem (ERD, use case diagram, use case text, sequence diagram, dan class diagram), dan implementasi (coding dan testing). Sistem informasi unit simpan pinjam syariah ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP berbasis framework Codeigniter 3 dan basis data MySQL. Sistem informasi ini mampu untuk mengelola data anggota, data simpanan, data pinjaman, pembagian bonus kepada anggota setiap akhir bulan, pembuatan laporan setiap hari, laporan berkala sesuai kebutuhan unit simpan pinjam, dan laporan kepemilikan simpanan dan pinjaman per anggota. Dengan adanya sistem informasi ini, staff diharapkan dapat mengolah data simpan pinjam secara cepat dan menghasilkan perhitungan yang relevan. Kata kunci : codeigniter, koperasi syariah, simpan pinjam, sistem informasi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
    Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
    Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > D3 - Ilmu Komputer
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Informatika
    Depositing User: Pratama Wisnu
    Date Deposited: 01 Dec 2016 23:40
    Last Modified: 01 Dec 2016 23:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30147

    Actions (login required)

    View Item