PENGARUH PENGGUNAAN KOIL DAN BUSI RACING DENGAN JENIS BAHAN BAKAR BENSIN TERHADAP UNJUK KERJA MOBIL SUZUKI VITARA JLX 1994

A, Aria Sidiq Laksana (2016) PENGARUH PENGGUNAAN KOIL DAN BUSI RACING DENGAN JENIS BAHAN BAKAR BENSIN TERHADAP UNJUK KERJA MOBIL SUZUKI VITARA JLX 1994. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (668Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Aria Sidiq Laksana Adi. K2512020. PENGARUH PENGGUNAAN KOIL DAN BUSI RACING DENGAN JENIS BAHAN BAKAR BENSIN TERHADAP UNJUK KERJA MOBIL SUZUKI VITARA TIPE JLX 1994. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Agustus 2016 Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menyelidiki pengaruh penggunaan koil dan busi racing dengan jenis bahan bakar bensin terhadap torsi dan daya Suzuki Vitara JLX tahun 1994. (2) Menyelidiki pengaruh penggunaan koil dan busi racing dengan jenis bahan bakar terhadap konsumsi bahan bakar bensin pada Suzuki Vitara JLX tahun 1994. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi penelitian adalah Suzuki Vitara tipe JLX. Sampel yang digunakan mobil Suzuki Vitara JLX dengan koil dan busi standar berbahan bakar premium kemudian dibandingkan dengan bahan bakar pertalite, pertamax dan pertamax plus. Teknik pengambilan sampel penelitian adalah purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh dari penggunaan koil dan busi racing terhadap torsi pada Suzuki Vitara JLX yang mengalami peningkatan sebesar 9,9% (2) Ada pengaruh dari penggunaan koil dan busi racing terhadap daya pada Suzuki Vitara JLX yang mengalami peningkatan sebesar 7,5% (3) Penggunaan koil dan busi racing dengan semua jenis bahan bakar bensin memiliki nilai rata konsumsi bahan bakar lebih tinggi sekitar 1% pada putaran rendah, sedangkan pada putaran sedang dan tinggi rata konsumsi bahan bakar lebih rendah mencapai 10%. (4) Penggunaan bahan bakar oktan tinggi efektif untuk meningkatan torsi Suzuki Vitara JLX penggunaan bahan bakar pertamax plus (RON 95) menghasilkan torsi yang paling tinggi yang naik sampai 5,3%. (5) Penggunaan bahan bakar oktan tinggi efektif untuk meningkatan torsi Suzuki Vitara JLX penggunaan bahan bakar pertamax plus (RON 95) menghasilkan daya yang paling tinggi yang naik sampai 5,1%. (6) Penggunaan bahan bakar oktan tinggi efektif untuk menurunkan konsumsi bahan bakar Suzuki Vitara JLX penggunaan bahan bakar pertamax plus (RON 95) menghasilkan konsumsi bahan bakar 5,4% lebih rendah. (7). Ada pengaruh dari perbandingan penggunaan koil dan busi racing dan standar dengan bahan bakar premium terhadap torsi dan daya yang mengalami peningkatan sebesar 7,5%.(8). Perlakuan yang sama dengan bahan bakar pertalite terhadap torsi dan daya yang mengalami peningkatan sebesar 6,24%. (9), Perlakuan yang sama dengan bahan bakar pertamax terhadap torsi dan daya yang mengalami peningkatan sebesar 6,02. (10). Perlakuan yang sama dengan bahan bakar pertamax plus terhadap torsi dan daya yang mengalami peningkatan sebesar 6,8% (11). Penggunaan koil dan busi racing dengan bahan bakar premium berpengaruh pada Konsumsi bahan bakar Suzuki Vitara JLX tahun 1994, penggunaan bahan bakar premium menghasilkan rata konsumsi 6,6% lebih tinggi pada 800 rpm, 7,4% lebih rendah pada 3000 rpm dan 8,1% lebih rendah pada 4000 . (12). Perlakuan yang sama dengan bahan bakar pertalite berpengaruh pada Konsumsi bahan bakar Suzuki Vitara JLX tahun 1994, rata konsumsi 3,1% lebih tinggi pada 800 rpm, 5,4% lebih rendah pada 3000 rpm dan 5,3% lebih rendah pada 4000 rpm dari penggunaan koil dan busi standar Suzuki Vitara JLX tahun 1994. (13) Perlakuan yang sama dengan bahan bakar pertamax berpengaruh pada Konsumsi bahan bakar Suzuki Vitara JLX tahun 1994, rata konsumsi 4,9% lebih tinggi pada 800 rpm, 3,7% lebih rendah pada 3000 rpm dan 5,3% lebih rendah pada 4000 rpm dari penggunaan koil dan busi standar Suzuki Vitara JLX tahun 1994. (14). Perlakuan yang sama dengan bahan bakar pertamax plus berpengaruh pada Konsumsi bahan bakar Suzuki Vitara JLX tahun 1994, rata konsumsi 3,7% lebih tinggi pada 800 rpm, 7,6% lebih rendah pada 3000 rpm dan 8,3% lebih rendah pada 4000 rpm dari penggunaan koil dan busi standar Suzuki Vitara JLX tahun 1994. Kata kunci: koil, busi, torsi, daya, bahan bakar, Suzuki Vitara JLX ABSTRACT Aria Sidiq Laksana Adi. K2512020. THE EFFECT OF THE USE OF RACING COIL AND SPARK PLUG WITH THE VARIATION ON VALUE FUEL OCTANE TO CAR PERFORMANCE TYPE SUZUKI VITARA JLX 1994. Mini-thesis, Faculty of Teacher Training and Education SebelasMaret University. August 2016 This study aims at investigating : (1) The effect of the use of racing coil and spark plug with the type of fuel to the power and torque of Suzuki Vitara JLX 1994. (2) The effect of the use racing coil and spark plug with the type of fuel to the fuel consumption on a Suzuki Vitara JLX 1994. This research used descriptive quantitative experimental method. The population of this study used Suzuki Vitara JLX type. The sample used Suzuki Vitara JLX with standard spark plug and coil premium fueled compared with the pertalite, pertamax and pertamax plus fuel. Sampling of this study used purposive sampling. The results Show that: (1) There is an effect of the use of coil and spark plug racing to torsion on the Suzuki Vitara JLX which increase 9.9%. (2) There is an effect of the use coil and spark plug racing to power on the Suzuki Vitara JLX which increase 7.5%. (3) The use of coil and spark plug racing with all variations of the fuel has an average value of fuel consumption about 1% higher at low rpm, while the medium and high speed Average fuel comsumption is lower at 10%. (4) The use of high octane fuel effect on increase the torque of Suzuki Vitara JLX Pertamax plus fuel (RON 95) that produces the highest torque that rises 5.3%. (5) The use of high octane fuel is effective to increase the torque of Suzuki Vitara JLX pertamax plus fuel (RON 95) that produces the highest power which rise to 5.1%. (6) The use of high octane fuel is effective to reduce the fuel consumption on Suzuki Vitara JLX pertamax plus fuel (RON 95) that produces fuel consumption lower by 5.4%. (7) There is an effect of the comparison of standard coil and spark plug racing with the premium fuel to the torque and power increase by 7.5%. (8) The same treatment to the torque and power with the pertalite fuel increase by 6.24%. (9) The same treatment to the torque and power with the pertamax fuel increase by 6.02. (10) The same treatment to the torque and power with the pertamax plus fuel increase by 6.8% (11). The use of coil and spark plug racing with premium fuel effect on fuel consumption Suzuki Vitara JLX 1994, that produce average consumption 6.6% higher at 800 rpm, 7.4% lower at 3000 rpm and 8.1 % lower at 4000. (12). The same treatment with the pertalite fuel effect on fuel consumption Suzuki Vitara JLX 1994, which is 3.1% higher at 800 rpm, 5.4% lower at 3000 rpm and 5.3% lower at 4000 rpm from the use of standard coil and spark plugs on Suzuki Vitara JLX 1994. (13) The same treatment with the pertamax fuel effect on fuel consumption Suzuki Vitara JLX 1994, which is 4.9% higher at 800 rpm, 3.7% lower at 3000 rpm and 5.3% lower at 4000 rpm from the use of standard coil and spark plugs on Suzuki Vitara JLX 1994. (14). The same treatment with the pertamax plus fuel effect on fuel consumption Suzuki Vitara JLX 1994, which is 3.7% higher at 800 rpm, 7.6% lower at 3000 rpm and 8.3% lower at 4000 rpm fom the use of standard coil and spark plugs on Suzuki Vitara JLX 1994. Keywords :Coil,Spark plug, Torque, Power, Fuel, Suzuki Vitara JLX

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Pratama Wisnu
    Date Deposited: 01 Dec 2016 23:05
    Last Modified: 01 Dec 2016 23:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30137

    Actions (login required)

    View Item