Pengaruh Motivasi Kerja dan Lingkungan Kerja terhadap Produktivitas Kerja Karyawan di PTPN XII Kebun Renteng Afd. Kedaton

TSANIYA, AINUN DINAR (2016) Pengaruh Motivasi Kerja dan Lingkungan Kerja terhadap Produktivitas Kerja Karyawan di PTPN XII Kebun Renteng Afd. Kedaton. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (249Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja dan lingkungan kerja terhadap produktivitas kerja karyawan di PTPN XII Kebun Renteng Afd. Kedaton, serta mengetahui variabel manakah yang pengaruhnya paling dominan terhadap produktivitas kerja karyawan di PTPN XII Kebun Renteng Afd. Kedaton. Metode dasar penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik survey. Penelitian ini dilaksanakan di PTPN XII Kebun Renteng Afd. Kedaton. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Variabel bebas terdiri dari motivasi kerja, lingkungan kerja. Variabel terikat yaitu produktivitas kerja karyawan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel motivasi kerja, dan lingkungan kerja baik secara individu maupun bersama-sama berpengaruh nyata terhadap tingkat produktivitas kerja karyawan di PTPN XII Kebun Renteng Afd. Kedaton. Variabel yang paling dominan pengaruhnya terhadap produktivitas kerja karyawan berdasarkan hasil uji standardized coefficient beta adalah variabel lingkungan kerja. Saran yang dapat diberikan adalah peningkatan motivasi kepada karyawan bagian panen PTPN XII Kebun Renteng Afd. Kedaton dapat dilakukan dengan cara pemberian insentif berupa bonus gaji kepada karyawan yang memiliki prestasi kerja. Selain itu lingkungan kerja juga perlu ditingkatkan seperti pemberian fasilitas alat kerja. Hal ini dikarenakan dengan peningkatan motivasi kerja dan lingkungan kerja akan dapat meningkatkan produktivitas kerja karyawan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 01 Dec 2016 19:06
    Last Modified: 01 Dec 2016 19:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30109

    Actions (login required)

    View Item