Karakteristik Siswa Dalam Memecahkan Masalah Garis Singgung Lingkaran Berdasarkan Langkah Polya Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa (Penelitian Dilakukan di SMP N 14 Surakarta Kelas VIII Tahun Ajaran 2015/2016 )

W M, WAHYUNI (2016) Karakteristik Siswa Dalam Memecahkan Masalah Garis Singgung Lingkaran Berdasarkan Langkah Polya Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa (Penelitian Dilakukan di SMP N 14 Surakarta Kelas VIII Tahun Ajaran 2015/2016 ). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (560Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan karakteristik pemecahan masalah siswa kelas VIII SMPN 14 Surakarta dengan gaya kognitif field dependent dalam memecahkan masalah garis singgung lingkaran pada setiap langkah Polya (2) mendeskripsikan karakteristik pemecahan masalah siswa kelas VIII SMPN 14 Surakarta dengan gaya kognitif field independent dalam memecahkan masalah garis singgung lingkaran pada setiap langkah Polya. Metode penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ditentukan melalui purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan metode wawancara. Validitas dengan triangulasi waktu. Karakteristik siswa FI dalam memecahkan masalah garis singgung lingkaran berdasarkan langkah Polya: (a) Dalam memahami masalah dapat mengidentifikasi semua informasi yang pada soal. Namun, ditemukan siswa FI yang tidak dapat mengidentifikasi informasi implisit (b) Dalam merencanakan penyelesaian masalah, disusun dari identifikasi informasi pada soal. Namun, ditemukan siswa FI menggunakan prosedur rutin. (c) Dalam melaksanakan penyelesaian masalah sesuai dengan strategi pemecahan yang telah dibuat dan dapat menggunakan langkah pemecahan masalah dengan benar. (d) Dalam meninjau kembali penyelesaian masalah, mampu menggunakan cara lain. Karakteristik siswa FD dalam memecahkan masalah masalah garis singgung lingkaran berdasarkan langkah Polya adalah (a) Dalam memahami masalah, hanya mampu mengidentifikasi informasi – informasi pada pernyataan yang terlihat jelas saja. (b) Dalam merencanakan penyelesaian masalah, menggunakan prosedur rutin. (c) Dalam melaksanakan penyelesaian masalah sesuai dengan rencana yang telah dibuatnya dan belum dapat menggunakan langkah penyelesaian dengan benar. (d) Dalam meninjau kembali penyelesaian masalah hanya memeriksa langkah – langkah yang telah dibuatnya. Kata Kunci: Langkah Polya, gaya kognitif, field dependent, field independent, garis singgung antara dua lingkaran.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Gun Gun Gunawan
    Date Deposited: 01 Dec 2016 15:55
    Last Modified: 01 Dec 2016 15:55
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30100

    Actions (login required)

    View Item