Analisis Tingkat Pelayanan Pejalan Kaki, Pesepeda dan Angkutan Umum Menggunakan TIC-tools yang Berdasar HCM 2010 di Jalan Adi Sucipto Surakarta

WIGUNA, ANDHIKA (2016) Analisis Tingkat Pelayanan Pejalan Kaki, Pesepeda dan Angkutan Umum Menggunakan TIC-tools yang Berdasar HCM 2010 di Jalan Adi Sucipto Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (161Kb)

    Abstract

    Saat ini banyak masyarakat lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi dikarenakan rendahnya tingkat pelayanan transportasi multimoda yaitu pejalan kaki, pesepeda dan angkutanan umum. Untuk itu diperlukan upaya untuk meningkatkan tingkat pelayanan transportasi multimoda di Jalan Adi Sucipto Surakarta dengan merencanakan skenario-skenario penanganan yang dapat meningkatkan tingkat pelayanan transporatasi multimoda. Hal ini merupakan upaya untuk meminimalisir permasalahan transportasi dan mendorong masyarakat untuk menggunakan transportasi multimoda. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis tingkat pelayanan multimoda dengan menggunakan metode berbasis web yaitu tic-tools.com yang mengacu pada Highway Capacity Manual (HCM) 2010. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan survei di lapangan yang meliputi geometri jalan, arus lalu lintas, kecepatan kendaraan, jumlah penumpang, tata guna lahan dan kondisi perkerasan. Data sekunder diperoleh dari Gesellschaff fur Internationale Zusammenabeit – Sustainable Urban Transport Improvement Project (GIZ-SUTIP) Kota Surakarta yaitu data peta rute perjalanan Batik Solo Trans (BST) Koridor 4. Hasil dari penelitian ini pada kondisi eksisting didapatkan tingkat pelayanan untuk pejalan kaki termasuk dalam kategori B, C, dan F, pesepeda termasuk dalam kategori A dan F, dan angkutan umum termasuk dalam kategori C dan F. Dari hasil tingkat pelayanan kondisi eksisting tersebut kemudian dilakukan upaya penanganan untuk meningkatkan tingkat pelayanannya meliputi perbaikan dan pelebaran trotoar untuk pejalan kaki, pelapisan ulang aspal di jalur sepeda untuk pesepeda dan pengadaan halte dan armada bus untuk angkutan umum. Setelah dilakukan upaya penanganan, didapat hasil untuk tingkat pelayanan pejalan kaki termasuk dalam kategori A, B, dan C, pesepeda termasuk dalam kategori A, dan angkutan umum termasuk dalam kategori B dan C. Kata kunci : Tingkat pelayanan, Multimoda, TIC-tools, HCM 2010.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
    Depositing User: Mujahidah Showafah
    Date Deposited: 01 Dec 2016 14:45
    Last Modified: 01 Dec 2016 14:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30082

    Actions (login required)

    View Item