Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produksi dan Efisiensi Teknis Usahatani Sapi Perah Rakyat di Kabupaten Boyolali

HUTOMO, ALFISYAHRI (2016) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produksi dan Efisiensi Teknis Usahatani Sapi Perah Rakyat di Kabupaten Boyolali. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (239Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi produksi, tingkat efisiensi teknis, dan faktor-faktor yang mempengaruhi efisiensi teknis usahatani sapi perah rakyat di Kabupaten Boyolali. Metode analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan metode deskriptif analisis dengan teknik pengambilan sampel peternak menggunakan propotional random sampling sebanyak 60 peternak. Lokasi penelitian berada di Kabupaten Boyolali. Data yang digunakan data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang mempengaruhi produksi susu sapi perah yaitu variabel pakan konsentrat dan tenaga kerja. Tingkat efisiensi teknis tertinggi 92,5%, tingkat efisiensi terendah 25,5%, dan rata-rata tingkat efisiensi petani 65,6%. Sedangkan untuk hasil faktor-faktor yang mempengaruhi efesiensi yakni variabel umur, pengalaman usahatani, pendidikan formal, dan keikutsertaan kelompok tani. Dari hasil penelitian disarankan peternak sapi perah di Kabupaten Boyolali agar mencapai efisien teknis secara full efficient hendaknya dapat menggunakan faktor produksi sesuai dengan pengalaman beternak serta peternak responden yang paling efisien dapat mentransfer ilmunya kepada peternak yang kurang efisien. Meningkatkan produktivitas susu sapi perah dapat menambah pakan konsentrat dan menambahkan jumlah tenaga kerja.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
    Depositing User: Mujahidah Showafah
    Date Deposited: 01 Dec 2016 14:37
    Last Modified: 01 Dec 2016 14:37
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30077

    Actions (login required)

    View Item