PENGARUH BRAND AWARENESS, SOCIAL BRAND AWARENESS, BRAND PERCEIVE QUALITY, BRAND USAGE, BRAND PERFORMANCE, INNOVATION DAN GREEN COMMUNICATION AWARENESS DALAM MEMBANGUN PERSEPSI TERHADAP MEREK TERBAIK PRODUK ELEKTRONIK (Analisis Structural Equation Modeling Pengaruh Yang Membangun Persepsi Terhadap Merek Terbaik Produk Elektronik Kota Solo Tahun 2015)

Nugroho, Febri (2016) PENGARUH BRAND AWARENESS, SOCIAL BRAND AWARENESS, BRAND PERCEIVE QUALITY, BRAND USAGE, BRAND PERFORMANCE, INNOVATION DAN GREEN COMMUNICATION AWARENESS DALAM MEMBANGUN PERSEPSI TERHADAP MEREK TERBAIK PRODUK ELEKTRONIK (Analisis Structural Equation Modeling Pengaruh Yang Membangun Persepsi Terhadap Merek Terbaik Produk Elektronik Kota Solo Tahun 2015). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (865Kb)

    Abstract

    Febri Nugroho D0209036. PENGARUH BRAND AWARENESS, SOCIAL BRAND AWARENESS, BRAND PERCEIVE QUALITY, BRAND USAGE, BRAND PERFORMANCE, INNOVATION DAN GREEN COMMUNICATION AWARENESS DALAM MEMBANGUN PERSEPSI TERHADAP MEREK TERBAIK PRODUK ELEKTRONIK . (Analisis Structural Equation Modeling Pengaruh Faktor – Faktor Yang Membangun Persepsi Terhadap Merek Terbaik Produk Elektronik Kota Solo Tahun 2015) Meningkatnya jumlah penjualan produk elektronik di Indonesia khususnya produk-produk elektronik rumah tangga menjadikan kondisi pasar yang semakin kompetitif. Hai ini menjadikan para pengelola merek berusaha untuk membuat merek mereka memiliki nilai tambah dimata konsumen. Penelitian bertujuan untuk menguji keberlakuan teori tentang model persepsi terhadap merek terbaik (kekuatan merek) berbasis model David Aaker (1991) yang secara konseptual dibangun oleh brand awareness, social brand awareness, brand perceive quality, brand usage, brand performance, innovation dan green communication. Penelitian dilakukan di Kota Solo dengan responden sebanyak 161 orang. Sampling dilakukan secara bertahap dengan menggunakan multistage sampling karena populasi yang bersifat tidak terdefinisi. Metode analisis data menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) untuk melihat pengaruh seluruh variabel laten dan indikator secara simultan dalam membangun persepsi terhadap merek terbaik produk elektronik (AC, Kulkas dan TV Plasma). Hasil penelitian untuk masing-masing model menunjukkan bahwa model kekuatan merek fit dengan nilai RMSEA dan P-value untuk produk AC adalah 0,000 dan 0,995, produk Kulkas 0,000 dan 1,000 sedangkan produk TV Plasma 0,011 dan 0,467. Model yang fit mengindikasikan adanya pengaruh brand awareness, social brand awareness, brand perceived quality, brand usage, brand performance, innovation dan green communication awareness secara simultan dalam membangun persepsi terhadap merek terbaik produk elektronik. Variabel brand usage, brand innovation dan green communication awareness menjadi variabel yang paling besar peranannya. Konsep pesan yang mengangkat brand innovation dan green communication awareness dalam komunikasi merek perlu diutamakan oleh pengelola merek produk elektronik dalam membuat strategi komunikasi merek. Kata Kunci: Brand Awareness, Social Brand Awareness, Innovation, Green Communication Awareness, Brand Equity

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Gun Gun Gunawan
    Date Deposited: 01 Dec 2016 13:54
    Last Modified: 01 Dec 2016 13:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30057

    Actions (login required)

    View Item