ANALISIS VALUE ENGINEERING DENGAN METODE ZERO-ONE PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG LABORATORIUM KOMPUTER KAMPUS 3 UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA

Rahma, Diyar (2016) ANALISIS VALUE ENGINEERING DENGAN METODE ZERO-ONE PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG LABORATORIUM KOMPUTER KAMPUS 3 UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (376Kb)

    Abstract

    Diyar Rahma. 2016. Analisis Value Engineering dengan Metode Zero-One pada Proyek Pembangunan Gedung Laboratorium Komputer Kampus 3 Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Skripsi Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta. Teknik yang digunakan untuk mengefisienkan biaya adalah dengan menggunakan analisis Value Engineering. Value Engineering adalah suatu pendekatan terorganisasi dan kreatif yang bertujuan untuk mendapatkan biaya yang lebih baik/lebih rendah dari harga yang telah direncanakan sebelumnya dengan batasan fungsional dan mutu pekerjaan. Tujuan dilakukannya penelitian value engineering ini untuk mencari besar nilai cost saving yang terjadi dalam perencanaan pekerjaan setelah dilakukan analisis dan untuk mencari berapa besar perbedaan biaya proyek yang telah direncanakan sebelumnya dengan biaya proyek yang sudah dianalisis value engineering pada pekerjaan arsitektur proyek Pembangunan Gedung Laboratorium Komputer Kampus 3 Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Data-data yang digunakan untuk menganalisiss meliputi Rencana Anggaran Biaya dari proyek, jurnal harga satuan bahan bangunan konstruksi dan interior edisi 35 tahun 2016, dan hasil kuisioner dari lima responden. Penelitian ini dilakukan dalam lima tahap yang terdiri dari tahap informasi, tahap kreatif, tahap analisis, tahap rekomendasi, dan tahap penyajian. Dimana pada tahap analisis menggunakan metode Zero – One. Dari hasil analisis dengan Diagram Distribusi Pareto pada pembangunan gedung tersebut didapatkan 14 item pekerjaan yang memiliki potensi biaya yang besar diantaranya pasangan dinding bata ringan, pintu, penutup lantai, jendela, acian, plesteran, penutup dinding, sponengan, hand railing tangga, pondasi, tali air, plafon, dinding batu tempel, dan cat dinding dalam. Dari ke 14 item tersebut yang tidak dilakukan analisis yaitu pada pekerjaan sponengan, tali air, hand railing tangga, dan cat dinding dalam. Penghematan yang didapatkan pada pekerjaan arsitektur setelah dianalisis sebesar Rp. 399,290,144.28 atau sebesar 6.39 %. Dan besar perbedaan biaya proyek yang telah direncanakan sebelumnya dengan biaya proyek yang sudah dianalisis sebesar 1.06 %. Kata Kunci : Value Engineering, Zero – One, Pareto, Proyek Gedung.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
    Depositing User: Gun Gun Gunawan
    Date Deposited: 01 Dec 2016 13:34
    Last Modified: 01 Dec 2016 13:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30049

    Actions (login required)

    View Item