PENERAPAN RAGAM ALAT BANTU PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR LOMPAT PADA SISWA KELAS V A SD MUHAMMADIYAH 16 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

SAKSONO, ARFAN WIJANG (2016) PENERAPAN RAGAM ALAT BANTU PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR LOMPAT PADA SISWA KELAS V A SD MUHAMMADIYAH 16 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (70Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Arfan Wijang Saksono. K4612026. PENERAPAN RAGAM ALAT BANTU PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR LOMPAT PADA SISWA KELAS V A SD MUHAMMADIYAH 16 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi, Surakarta : Falkultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. April 2016. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar gerak dasar lompat dengan menerapkan ragam alat bantu pembelajaran pada siswa kelas V A SD Muhammadiyah 16 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, terdiri dari empat tahap dalam setiap siklusnya yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa kelas V A SD Muhammadiyah 16 Surakarta yang berjumlah 33 siswa terdiri dari 16 siswa putra dan 17 siswa putri. Sumber data dalam Penelitian ini berasal dari siswa, peneliti/kolaborator dan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif yang didasarkan pada analisis kualitatif persentase. Hasil analisis menunjukan bahwa penerapan ragam alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar lompat dari pratindakan ke siklus I dan siklus I ke siklus II. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan hasil belajar gerak dasar lompat pada siklus I yang dinyatakan tuntas mencapai 66,67% atau sebanyak 22 siswa dari 33 siswa. Peningkatan hasil belajar gerak dasar lompat juga terjadi pada siklus II dengan prosentase sebesar 81,82% atau sebanyak 27 siswa yang tergolong kriteria Tuntas dengan KKM 75 dan 6 siswa lainnya tergolong dalam kategori Tidak Tuntas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa : penerapan ragam alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar lompat pada siswa kelas V A SD Muhammadiyah 16 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Kata kunci : Hasil Belajar, Gerak Dasar Lompat, Ragam Alat Bantu Pembelajaran.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Gun Gun Gunawan
    Date Deposited: 01 Dec 2016 13:18
    Last Modified: 01 Dec 2016 13:18
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30040

    Actions (login required)

    View Item