Pengaruh faktor pelayanan, tarif, keamanan dan kendaraan terhadap kepuasan konsumen ( Studi Kasus pada Pengguna Jasa Bus Safari Dharma Raya Jurusan Solo – Denpasar )

Trini, (2004) Pengaruh faktor pelayanan, tarif, keamanan dan kendaraan terhadap kepuasan konsumen ( Studi Kasus pada Pengguna Jasa Bus Safari Dharma Raya Jurusan Solo – Denpasar ). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (345Kb)

    Abstract

    Latar belakang penelitian ini adalah dilihat dari perkembangan pada saat ini sarana transportasi khususnya transportasi darat mengalami suatu peningkatan yang sangat pesat, baik dari segi armada maupun pengguna jasa dan baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Pada segi kualitas dapat dilihat dari semakin membaiknya pelayanan, kesesuaian tarif dan fasilitas-fasilitas yang diberikan kepada konsumen, dari segi kuantitas semakin bertambahnya armada kendaraan yang tersedia untuk konsumen, sehingga kepuasan konsumen lebih diutamakan. Maka dalam penulis ingin mengetahui seberapa besar pengaruh akan faktor pelayanan, tarif, keamanan, dan kendaraan terhadap kepuasan konsumen. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh faktor pelayanan, tarif, kamanan, dan kendaraan terhadap kepuasan konsumen pada pengguna jasa PO. Safari Dharma Raya. Perumusan masalah yang diajukan adalah (1) apakah terdapat pengaruh pelayanan terhadap kepuasan konsumen ?, (2) apakah terdapat pengaruh tarif terhadap kepuasan konsumen ?, (3) apakah terdapat pengaruh keamanan terhadap kepuasan konsumen ?, (4) apakah terdapat pengaruh kendaraan terhadap kepuasan konsumen ?, (5) apakah terdapat pengaruh antara pelayanan, tarif, keamanan, dan kendaraan terhadap kepuasan konsumen ? Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidential sampling dengan responden sebanyak 100 orang, sedangkan dalam pengumpulan data melalui kuesioner. Sumber data yang diambil adalah mengambil data primer dan data sekunder. Analisa data dilakukan dengan metode regresi linier berganda. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis regresi linier berganda diperoleh : Y = 2,415 + 0,152 X1 + 0,385 X2 + 0,191 X3 + 0,286 X4, Uji t adalah faktor pelayanan (X1) = 2,541 tarif (X2) = -4,109, keamanan (X3) = 2,639 kendaraan (X4) = 3,579, dengan ttabel = 1,987. Uji F = 22,782 > 2,483. Hasil analisisnya bahwa faktor pelayanan, tarif, keamanan, dan kendaraan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen, karena hasil uji t masing- masing variabel menunjukan lebih dari nilai ttabel. Kesimpulan yang dapat diambil dari analisis menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara faktor pelayanan terhadap kepuasan konsumen, terbukti kebenarannya (2,541 > 1,987), terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara tarif terhadap kepuasan konsumen, terbukti kebenarannya (-4,109 > 1,987), terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara keamanan terhadap kepuasan konsumen, terbukti kebenarannya (2,639 > 1,987), terdapat pengaruh antara kendaraan terhadap kepuasan konsumen, terbukti kebenarannya (3,579 > 1,987). Saran yang dapat diberikan kepada PO. Safari Dharma Raya adalah perlu penambahan fasilitas keamanan lainnya seperti P3K, sabuk pengaman dan pintu darurat, peningkatan pelayanan, jika ada kenaikan tarif haruslah ada keputusan resmi dari DLLAJR agar tidak memberatkan konsumen, dan adanya tempat khusus bagi perokok di dalam bus selama perjalanan, dan perawatan fisik bus harus tetap dioptimalkan agar bus selalu dalam keadaan layak jalan sehingga kepuasan konsumen terpenuhi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Depositing User: Ferdintania Wendi
    Date Deposited: 25 Jul 2013 16:14
    Last Modified: 25 Jul 2013 16:14
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/3003

    Actions (login required)

    View Item