PERBANDINGAN HUKUM TENTANG AKIBAT PEMBATALAN PERKAWINAN MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 1 TAHUN 1974 DAN KOMPILASI HUKUM ISLAM

BASKARA, LINGGA (2016) PERBANDINGAN HUKUM TENTANG AKIBAT PEMBATALAN PERKAWINAN MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 1 TAHUN 1974 DAN KOMPILASI HUKUM ISLAM. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (604Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Lingga Baskara, S351408032, Perbandingan Hukum Tentang Akibat Pembatalan Perkawinan Menurut Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 Dan Hukum Islam, Program Kenotariatan Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret. Tesis ini membahas dan menganalisis tentang perbandingan hukum terhadap akibat pembatalan perkawinan menurut Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 Dan Hukum Islam. Pokok permasalahan yang di angkat dalam penelitian ini adalah membandingkan bagaimana aturan hukum antara Undang-Undang Perkawinan Nomor 1 tahun 1974 dan Hukum Islam sehingga mendapatkan perbandingan aturan hukum diantara keduanya dengan cara mencari persamaan dan perbedaan. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif bersifat preskriptif menggunakan pendekatan perundang-undangan. Sumber hukum sekunder, mencakup bahan hukum primer, sekunder, dan tersier. Teknik pengumpulan bahan hukum dengan teknik penelitian kepustakaan. Setelah data diperoleh lalu dilakukan analisis dengan menggunakan metode penafsiran. Mengetahui apa akibat dari pembatalan perkawinan yang berhubungan dengan terhadap hubungan suami dan istri, status hukum dan hak waris hak asuh anak, dan harta bersama yang di dapatkan di dalam suatu perkawinan yang telah dibatalkan. Menyimpulkan implikasi yang digunakan secara khusus bagi Masyarakat indonesia yang tunduk terhadap Hukum Islam, serta mengatahui sebab-sebab apa saja yang dapat menimbulkan batalnya suatu perkawinan. ini menyimpulkan bahwa antara hukum positip di Indonesia dan Hukum Islam sama-sama mengatur adanya pembatalan perkawinan itu berarti dalam hukum positif dan hukum islam di benarkan tindakan hukum pembatalan perkawinan, namun terdapat perbedaan mengenai aturan hukum pembatalan perkawinan antara hukum positif Indonesia Yaitu Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 dan Kompilasi Hukum Islam yang berdasarkan pada Al-Quran Dan Al-Hadist, yang tentunya bermanfaat bagi masyarat indonesia yang tunduk terhadap hukum Islam. Kata Kunci: perbandingan hukum, pembatalan perkawinan, akibat hukum.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Magister Kenotariatan
    Depositing User: Rina Dwi Setianingrum
    Date Deposited: 01 Dec 2016 12:41
    Last Modified: 01 Dec 2016 12:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30013

    Actions (login required)

    View Item