Penerapan Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) dengan Metode Praktikum untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu dan Prestasi Belajar Kimia Siswa pada Materi Pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp) Kelas XI MIA 2 SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016

HIKA P, MAYA SIH (2016) Penerapan Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) dengan Metode Praktikum untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu dan Prestasi Belajar Kimia Siswa pada Materi Pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp) Kelas XI MIA 2 SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1193Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Maya Sih Hika Pamungkas. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) DENGAN METODE PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI POKOK KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN (Ksp) KELAS XI MIA 2 SMA NEGERI 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016”. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Agustus 2016. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) rasa ingin tahu siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 2 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016 pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan, (2) prestasi belajar siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 2 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016 pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan. Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari dua siklus dan di setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 2 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016. Sumber data penelitian ini adalah guru dan siswa. Data dikumpulkan dari wawancara, observasi, angket, dan tes. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran predict-observe-explain (POE) dengan metode praktikum dapat meningkatkan rasa ingin tahu siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 2 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016 pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan dari 64,3% pada siklus 1 menjadi 78,6% pada siklus 2, (2) model pembelajaran predict-observe-explain (POE) dengan metode praktikum dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 2 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016 pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan, aspek pengetahuan dari 53,6% pada siklus 1 menjadi 78,6% pada siklus 2; aspek sikap siswa dari 89,3% pada siklus 1 menjadi 96,4% pada siklus 2; aspek ketrampilan siswa sebesar 100% pada siklus 1. Kata kunci: penelitian tindakan kelas, predict observe explain, praktikum, rasa ingin tahu, prestasi belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Yanny Wulandari
    Date Deposited: 01 Dec 2016 11:02
    Last Modified: 01 Dec 2016 11:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30004

    Actions (login required)

    View Item