Pengembangan Sensor Fiber Biokimia Berbasis Medan Evanescent Sebagai Sensor Senyawa Persistent Organic Pollutants (POPs) Lindane

Gitrin, Martia Putri (2016) Pengembangan Sensor Fiber Biokimia Berbasis Medan Evanescent Sebagai Sensor Senyawa Persistent Organic Pollutants (POPs) Lindane. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (94Kb)

    Abstract

    Lindane merupakan salah satu senyawa Persistent Organic Pollutants (POPs) yang berbahaya. Penggunaan senyawa POPs oleh manusia telah meninggalkan residu yang mencemari lingkungan. Berbagai metode dilakukan untuk mendeteksi keberadaan senyawa POPs. Dalam penelitian ini dibuat sensor biokimia dengan menggunakan fiber optik sebagai sensing element. Prinsip kerja sensor fiber biokimia adalah dengan memanfaatkan fenomena serapan evanescent dalam fiber optik untuk menemukan ciri khusus senyawa lindane berdasarkan spektrum serapan dalam fiber optik. Penelitian ini membuat sensing element fiber sensor untuk mendeteksi senyawa lindane dengan cara menghilangkan cladding dan sebagian core fiber dengan di-polish. Hasil yang diperoleh menunjukkan panjang gelombang penciri senyawa lindane yang diukur dengan fiber sensor adalah 913 nm dan 1003 nm. Panjang gelombang penciri senyawa lindane diukur menggunakan spektrofotometer UV-Vis adalah pada 913 nm dan 1002 nm. Hubungan konsentrasi senyawa lindane adalah sebanding dengan absorbansi evanescent senyawa lindane. Hasil yang diperoleh memiliki kesesuaian dengan hasil yang ditunjukkan oleh pengukuran spektrofotometer UV-Vis.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
    Depositing User: Yanny Wulandari
    Date Deposited: 01 Dec 2016 09:53
    Last Modified: 01 Dec 2016 09:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29996

    Actions (login required)

    View Item