Efektivitas Penggunaan Metode Snowball Throwing dan Snowball Drilling Terhadap Hasil Belajar Geografi Ditinjau dari Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas X SMA Batik 1 Surakarta Tahun 2015/2016

NOOR A, IZMIA (2016) Efektivitas Penggunaan Metode Snowball Throwing dan Snowball Drilling Terhadap Hasil Belajar Geografi Ditinjau dari Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas X SMA Batik 1 Surakarta Tahun 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (479Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Izmia Noor Alfianinda. K5412036. EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE SNOWBALL THROWING DAN SNOWBALL DRILLING TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI DITINJAU DARI KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA BATIK 1 SURAKARTA TAHUN 2015/2016 (Pokok Bahasan: Menganalisis Hubungan Antara Manusia dengan Lingkungan Sebagai Akibat Dari Dinamika Hidrosfer). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh metode Snowball Throwing dan Snowball Drilling terhadap hasil belajar peserta didik, (2) pengaruh keaktifan belajar tinggi dan rendah terhadap hasil belajar peserta didik, (3) interaksi metode pembelajaran dengan keaktifan belajar terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini termasuk jenis quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh kelas X IPS SMA Batik 1 Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Sampel dengan Cluster Random Sampling. Sampel yang terpilih adalah kelas X IPS 3 dan kelas X IPS 2. Teknik pengumpulan data hasil belajar peserta didik menggunakan teknik tes dalam bentuk tes obyektif pilihan ganda dan keaktifan belajar peserta didik menggunakan lembar pengamatan. Analisis data menggunakan uji anava dua jalan, kemudian dilanjutkan dengan uji komparasi ganda menggunakan metode Scheffe’ dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) ada pengaruh yang signifikan antara metode Snowball Throwing dan Snowball Drilling terhadap hasil belajar peserta didik (Fobs=8,9668 > Ftabel=3,954568). Peserta didik yang diberi pembelajaran dengan metode Snowball Throwing memiliki hasil belajar yang lebih baik dibandingkan peserta didik yang diberi pembelajaran dengan metode Snowball Drilling. (2) ada pengaruh yang signifikan antara keaktifan belajar tinggi dan rendah terhadap hasil belajar peserta didik (Fobs=35,427 > Ftabel= 3.954568). Peserta didik dengan keaktifan belajar tinggi memiliki hasil belajar yang lebih baik dibandingkan peserta didik dengan keaktifan belajar rendah. (3) tidak ada interaksi antara penerapan metode pembelajaran Snowball Throwing dan Snowball Drilling dengan keaktifan belajar terhadap hasil belajar peserta didik (Fobs= 0,0547 < Ftabel= 3.954568). Kata Kunci: Snowball Throwing, Snowball Drilling, Keaktifan Belajar ABSTRACK Izmia Noor Alfianinda. K5412036. THE EFFECTIVENESS OF USING SNOWBALL THROWING METHOD AND SNOWBALL DRILLING METHOD TOWARD THE RESULT OF GEOGRAPHIC SUBJECT VIEWED BY STUDENTS’ ACTIVE LEARNING OF CLASS X SMA BATIK 1 SURAKARTA IN THE ACADEMIC YEAR 2015/2016 (MATERIAL: ANALYZING THE RELATION OF HUMAN AND ENVIRONMENT AS THE CAUSE HIDROSPHERE DYNAMICS). Skripsi, Surakarta: Teaching Training and Education Faculty, Sebelas Maret University, August 2016. This research aims to reveal (1) the influence of Snowball Throwing and Snowball Drilling method toward students’ learning achievement (2) the influence of high activity of learning and low toward students’ learning achievement (3) the interaction of learning method with learning activity toward the students’ learning achievement. This research is quasi experiment. The population is all students of class X Social SMA Batik 1 Surakarta in the academic year of 2015/2016. The sample uses Cluster Random Sampling. The chosen sample is from class X IPS 3 and class X IPS 2. The researcher collected the data by test in the form of objective test and observation sheet for students’ active. The data was analyzed by two ways Anaya test, and then followed by double comparison test using Scheffe’ method with 5% significance. The result of the research are (1) there is an influence of Snowball Throwing and Snowball Drilling method toward students’ learning achievement (Fobs=8,9668 > Ftable=3,954568). Students who are given Snowball Throwing method have a better learning achievement than the students are not. (2) there is significance influent between high and low acitive learning toward students’ learning achievement (Fobs=35,427 > Ftable= 3.954568). The students with hight active learning have the better achievement than the students who have low active learning. (3) there is no interaction between the implementation of Snowball Throwing and Snowball Drilling method with students’ learning active toward students’ learning achievement (Fobs= 0,0547 < Ftable= 3.954568). Keywords: Snowball Throwing, Snowball Drilling, students’ active learning

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Yanny Wulandari
    Date Deposited: 01 Dec 2016 09:20
    Last Modified: 01 Dec 2016 09:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29986

    Actions (login required)

    View Item