PENGARUH SUPLEMENTASI MINYAK IKAN LEMURU DAN L-KARNITIN DALAM RANSUM TERHADAP KECERNAAN BAHAN KERING DAN BAHAN ORGANIK ITIK LOKAL JANTAN (ANAS PLATHYRYNCHOS)

WAQSHIT, MUHAMMAD (2016) PENGARUH SUPLEMENTASI MINYAK IKAN LEMURU DAN L-KARNITIN DALAM RANSUM TERHADAP KECERNAAN BAHAN KERING DAN BAHAN ORGANIK ITIK LOKAL JANTAN (ANAS PLATHYRYNCHOS). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (96Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh suplementasi minyak ikan lemuru dan L-karnitin terhadap kecernaan bahan kering dan bahan organik itik lokal jantan. Penelitian dilaksanakan selama 10 minggu (8 September sampai 2 November 2015) yang bertempat di Desa Gledeg, Kecamatan Karanganom, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Materi yang digunakan yaitu itik lokal jantan berjumlah 96 ekor. Pengambilan data kecernaan bahan kering dan bahan organik menggunakan itik sebanyak 24 ekor yang diambil secara acak. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 3 perlakuan dan 8 kali ulangan yang masing-masing ulangan diambil 1 ekor itik lokal jantan. Perlakuan terdiri dari ransum kontrol (P0) = Ransum basal, (P1) = Ransum basal + minyak ikan lemuru 4%, (P2) = Ransum basal + minyak ikan lemuru 4% dan L-karnitin 30 ppm. Peubah yang diamati yaitu konsumsi bahan kering, konsumsi bahan organik, kecernaan bahan kering dan kecernaan bahan organik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji lanjut Contras Orthogonal antara ransum kontrol dibandingkan ransum yang ditambahkan minyak ikan lemuru menunjukkan pengaruh yang sangat nyata terhadap konsumsi bahan kering dan bahan organik serta kecernaan bahan kering dan bahan organik. Uji lanjut Contras Orthogonal antara ransum yang ditambahkan minyak ikan lemuru dibandingkan ransum yang ditambahkan L-karnitin menunjukkan pengaruh yang tidak nyata. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa suplementasi minyak ikan lemuru 4% dalam ransum dapat menurunkan konsumsi bahan kering dan bahan organik serta dapat meningkatkan kecernaan bahan kering dan bahan organik, namun L-karnitin tidak dapat meningkatkan kecernaan bahan kering dan bahan organik.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
    Divisions: Fakultas Pertanian > Peternakan
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 01 Dec 2016 08:49
    Last Modified: 01 Dec 2016 08:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29981

    Actions (login required)

    View Item