PERAN CUSTOMER RELATIONS SEBAGAI FUNGSI HUMAS DALAM HANDLING COMPLAINT DI PDAM KOTA SURAKARTA

Prastika, Nawang Rias (2016) PERAN CUSTOMER RELATIONS SEBAGAI FUNGSI HUMAS DALAM HANDLING COMPLAINT DI PDAM KOTA SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (94Kb)

    Abstract

    NAWANG RIAS PRASTIKA, D1613065, PUBLIC RELATIONS, PERAN CUSTOMER RELATION SEBAGAI FUNGSI HUMAS DALAM HANDLING COMPLAINT DI PDAM SURAKARTA, 2016 Laporan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelaayanan yang diberikan oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Surakarta dalam penanganan keluhan / complaint yang diajukan oleh pelanggan layanan jasa air tersebut. Dengan pelayanan yang diberikan oleh PDAM Kota Surakarta sangatlah berperan penting bagi perusahaan dan masyarakat. Kepercayaan masyarakat terhadap layanan jasa air yang diberikan PDAM Kota Surakarta dapat mengembangkan citra dan reputasi perusahaan tersebut. Secara keseluruhan pelayanan yang diberikan oleh customer service PDAM Kota Surakarta dilihat dari fungsi pokok dalam public relations. Fungsi pokok tersebut adalah sebagai alat untuk mengerti atau memahami sikap publik dan mengetahui apa yang harus dan tidak boleh dilakukan oleh perusahaan untuk mengubah sikap mereka serta sebagai suatu progam aksi untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Salah satu kegiatan eksternal seorang public relations adalah berhubungan dengan pelanggan (customer relations) dimana seorang public relations harus membina hubungan yang baik dengan pelanggan, dilakukan agar dapat meningkatkan loyalitas dan kepercaaan pelanggan terhadap produk dan jasa perusahaan itu sendiri. Jadi public relations erat hubungannya demgam pembentukan opini publik dan perubahan sikap. (Kata kunci: Customer Relation, Handling Complain, dan PDAM Kota Surakarta)

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Depositing User: Zulfahmirda Matondang
    Date Deposited: 01 Dec 2016 06:21
    Last Modified: 01 Dec 2016 06:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29973

    Actions (login required)

    View Item