FAKTOR-FAKTOR IKLIM KOMUNIKASI DAN KINERJA PEGAWAI (Analisis Diskriminan Faktor-Faktor Iklim Komunikasi Yang Menyebabkan Tinggi Rendahnya Kinerja Pegawai di Badan Kepegawaian Kota Ambon

HENDRA DE, FRETES (2016) FAKTOR-FAKTOR IKLIM KOMUNIKASI DAN KINERJA PEGAWAI (Analisis Diskriminan Faktor-Faktor Iklim Komunikasi Yang Menyebabkan Tinggi Rendahnya Kinerja Pegawai di Badan Kepegawaian Kota Ambon. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (350Kb)

    Abstract

    Hendra de Fretes. S231408024. 2016. Faktor-Faktor Iklim Komunikasi Dan Kinerja Pegawai (Analisis Diskriminan Faktor-Faktor Iklim Komunikasi Yang Menyebabkan Tinggi Rendahnya Kinerja Pegawai). TESIS. Pembimbing I: Sri Hastjarjo, S.Sos, Ph.D., Pembimbing II: Drs. Yulius Slamet, M.Sc, Ph.D. Program Studi Magister Ilmu Komunikasi, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor iklim komunikasi yang paling penting, yang penting dan yang tidak penting yang menyebabkan tinggi rendahnya kinerja pegawai Badan Kepegawaian Kota Ambon. Penelitian ini menggunakan faktor-faktor iklim komunikasi dari teori Wayne Pace dan Don F. Faules yaitu kepercayaan, pembuatan keputusan bersama, kejujuran, keterbukaan dalam komunikasi ke bawah, mendengarkan dalam komunikasi ke atas serta perhatian pada tujuan-tujuan yang berkinerja tinggi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksplanatif dengan metode survey. Populasi penelitian ini adalah Pegawai Badan Kepegawai Kota Ambon. Teknik pengambilan sampel yang di gunakan adalah Total Sampling, sejumlah 56 Pegawai. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner sebagai data primer, sedangkan data sekunder diperoleh dari arsip dan dokumen. Validitas data menggunakan uji Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan uji Cronbach Alpha. Teknik analisis data menggunakan Analisis Diskriminan. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan faktor-faktor iklim komunikasi yang menyebabkan tinggi rendahnya kinerja pegawai. Untuk kinerja tinggi, faktor kepercayaan yang paling penting, faktor pembuatan keputusan bersama yang penting dan faktor yang tidak penting adalah kejujuran, keterbukaan dalam komunikasi ke bawah, mendengarkan dalam komunikasi ke atas dan faktor perhatian pada tujuan-tujuan berkinerja tinggi. Sebaliknya untuk kinerja rendah, faktor pembuatan keputusan bersama yang paling penting, faktor kepercayaan yang penting dan faktor yang tidak penting adalah kejujuran, keterbukaan dalam komunikasi ke bawah, mendengarkan dalam komunikasi ke atas dan faktor perhatian pada tujuan-tujuan berkinerja tinggi. Kata Kunci : Iklim Komunikasi dan Kinerja Pegawai ii Hendra de Fretes. S231408024. 2016. Factors Communication Climate and Employee Performance (Discriminant Analysis of Factors Communication Climate Causing to High and Low Employees Performance in The City of Ambon Staffing Agency. Thesis. First Councelor: Sri Hastjarjo, S.Sos, Ph.D., Second Councelor: Drs. Yulius Slamet, M.Sc, Ph.D. Communication Science Study Program, Postgraduate, Surakarta Sebelas Maret University. ABSTRACT This research aimed to analyze the factors most important of communication climate, the important and unimportant that caused the level of employee performance in Personnel Board of Ambon City. This research used factors of climate communication theory Wayne Pace and Don F. Faules is trust, joint decision-making, honesty, openness in communication in down level, listening in communication to up level and of attention on high-performance goals. This research is using explanatory quantitative survey method. The study population was officialdom Agency Employees in Ambon City. The sampling technique used is total sampling, with the total 56 Employees. Data collection techniques using questionnaires as the primary data, secondary data obtained from the archives and documents. The validity of the data using Product Moment test and reliability test using Cronbach Alpha test, then data were analyzed using discriminant analysis. The results showed there are differences in climatic communication factors that lead to high and low performance of employees. For high performance, the trust factor is the most important, factor of joint decision-making is important and unimportant factor is honesty, openness in communication in down level, listening in communication to up level and factors of attention on high-performance goals. In contrast for the low performance, the joint decision-making is most important factors, the trust factor was important and not important factor is honesty, openness in communication to down level, and listening in communication to up level and factors of attention on high-performance goals. Keywords: Climate Communications and Employee Performance

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Depositing User: Yanny Wulandari
    Date Deposited: 01 Dec 2016 09:04
    Last Modified: 01 Dec 2016 09:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29969

    Actions (login required)

    View Item