Kajian Pelaku Usaha Otobus : Deskripsi Kebijakan Uji Berkala Kendaraan Bermotor Mobil Bus Antar Kota, Dampak Ekonomi dan Potensi Kecelakaan Lalu Lintas (Studi Kasus Trayek Irisan Solo – Semarang dalam Perspektif Fenomenologi)

KAWANGMANI, MIKHA E P (2016) Kajian Pelaku Usaha Otobus : Deskripsi Kebijakan Uji Berkala Kendaraan Bermotor Mobil Bus Antar Kota, Dampak Ekonomi dan Potensi Kecelakaan Lalu Lintas (Studi Kasus Trayek Irisan Solo – Semarang dalam Perspektif Fenomenologi). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (735Kb)

    Abstract

    Penelitian ini dilatar belakangi oleh kebutuhan masyarakat era modern yaitu sebuah kebutuhan moda transportasi sebagai penunjang aktivitas kegiatan masyarakat.Moda transportasi di Indonesia khususnya moda transportasi umum yang ada saat ini masih jauh dari layak.Pemerintah sebagai pemegang peran pengawasan dalam sebuah kebijakan publik di tuntut untuk mampu memberikan regulasi dengan jelas dan melaksanakan serta meningkatkan suatu layanan penyelenggara angkutan umum secara terintegrasi dan berdampak positif. Pola operasional bisnis pihak penyedia jasa transportasi yang dalam kegiatan usahanya diatur oleh pemerintah melalui Undang-Undang diharapkan mampu mengimplementasikan hal tersebut di lapangan.Namun faktanya banyak perusahaan transportasi yang melakukan prinsip efektif dan efisien dengan mengabaikan sebuah standarisasi yang telah ditetapkan oleh pemerintah melalui Kementerian Perhubungan. Trayek Solo – Semarang dengan ragam aktivitas di dalamnya dari banyak sektor dimulai, pariwisata, pertanian, industri, ekonomi kreatif membutuhkan moda transportasi. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan perspektif fenomenologi di lapangan akan sebuah kebijakan publik dalam bidang transportasi. Kebijakan publik yang dimaksud terkait dengan kebijakan akan pelaksanaan standarisasi teknis kendaraan bermotor dan uji berkala kendaraan bermotor mobil bus antar kota pada trayek irisan Solo – Semarang. Kebijakan uji berkala kendaraan bermotor terhadap pelaku usaha jasa transportasi ini memiliki tujuan untuk mengetahui pelaksanaan uji berkala kendaraan bermotor, bagi pelaku usaha jasa transportasi di rute trayek irisan Solo – Semarang serta dampak ekonominya bagi masyarakat, dan pelaku usaha jasa transportasi. Kebijakan pemerintah mengenai aturan kebijakan uji berkala kendaraan bermotor memberikan dampak yang negatif bagi tersedianya moda transportasi umum apabila diabaikan. Kata Kunci: Perusahaan Otobus, Ekonomi Publik, Masyarakat sebagai Konsumen

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan
    Depositing User: Tities Amrihtasari
    Date Deposited: 30 Nov 2016 15:33
    Last Modified: 30 Nov 2016 15:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29960

    Actions (login required)

    View Item