tudi Tentang penerapan Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Penjasorkes Di Sekolah Dasar Negeri Se Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan Tahun Ajaran 2014/2015

PRASETYO, TONY (2016) tudi Tentang penerapan Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Penjasorkes Di Sekolah Dasar Negeri Se Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan Tahun Ajaran 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (81Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Tony Prasetyo. STUDY TENTANG PENERAPAN KERIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN PENJASORKES DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE KECAMATAN NGADIROJO KABUPATEN PACITAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Maret 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi mengenai Study Tentang Penerapan Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Penjasorkes Di Sekolah Dasar Negeri Se Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian evaluatif menggunakan metode deskriptif dengan teknik survey. Subyek Penilitian dalam penelitian ini adalah guru penjasorkes dari masing – masing Sekolah Dasar Negeri se Kecamatan Ngadirojo tahun pelajaran 2014/ 2015 yang menggunakan Kurikulum 2013. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen yang berisi seperangkat kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini secara kuantitatif dengan bantuan analisis statistik deskriptif, melalui uji coba instrumen terlebih dahulu seperti uji validitas dan uji reliabilitas. Dari penelitian tersebut dapat diketahui Hasil yang diperoleh dari perencanaan proses pembelajaran adalah 61% sudah melaksanakan Perencanaan Proses Pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013, 16% baru sebagian melaksanakan Perencanaan Proses Pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013, dan 23% belum melaksanakan Perencanaan Proses Pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013, sedangkan pelaksanaan proses pembelajaran adalah 30% sudah melaksanakan Perencanaan Proses Pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013, 34% baru sebagian melaksanakan Perencanaan Proses Pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013, dan 36% belum melaksanakan Perencanaan Proses Pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013, penilaian hasil pembelajaran sebesar 13% sudah melaksanakan Penilaian Hasil Pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013, 0% baru sebagian melaksanakan Penilaian Hasil Pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013, dan 87% belum melaksanakan Penilaian Hasil Pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013, dan 31% sudah melaksanakan Pengawasan Proses Pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013, 42% baru sebagian melaksanakan Pengawasan Proses Pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013, dan 27% belum melaksanakan Pengawasan Proses Pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan sebagian besar yaitu sebesar 40% komponen pelaksanaan kurikulum 2013 terkait mata pelajaran olahraga yang dilakukan oleh guru olahraga se kecamatan Ngadirojo sudah dilaksanakan sesuai dengan kurikulum 2013, sebesar 29% komponen pelaksanaan kurikulum 2013 terkait mata pelajaran olahraga yang dilakukan oleh guru olahraga se kecamatan Ngadirojo masih sebagian yang dilaksanakan sesuai dengan kurikulum 2013, dan sebesar 31 % komponen pelaksanaan kurikulum 2013 terkait mata pelajaran olahraga yang dilakukan oleh guru olahraga se kecamatan Ngadirojo belum dilaksanakan sesuai dengan kurikulum 2013. Kata Kunci: Penerapan Kurikulum 2013, Pembelajaran Penjasorkes ABSTRAC Tony Prasetyo. STUDY ON THE APPLICATION OF CURRICULUM 2013 PENJASORKES ON LEARNING IN PRIMARY SCHOOL DISTRICT STATE SE Ngadirojo PACITAN 2014/2015 ACADEMIC YEAR. Thesis, the Faculty of Education University of March Surakarta. March 2016. The purpose of this study was to obtain information about Study On Curriculum Implementation in 2013 At Penjasorkes Learning Primary Schools State Se Ngadirojo Pacitan District Academic Year 2014/2015. This type of research is evaluative research using descriptive method with survey techniques. Research subjects in this study were teachers penjasorkes of each - each public elementary school se Ngadirojo academic year 2014/2015 the use of Curriculum 2013. The data collection technique used is the instrument which contains a set of questionnaires. Data analysis techniques used in this study quantitatively with the help of descriptive statistical analysis, through testing beforehand instruments such as validity and reliability test. From these studies it can be seen results obtained from the planning of the learning process is 61% already implementing Plan Learning Process in accordance with the curriculum in 2013, 16% only partially implement the Planning Learning Process in accordance with the curriculum in 2013, and 23% have not implemented Planning Learning Process in accordance with the curriculum in 2013 , while the implementation of the learning process is 30% already implementing Plan learning process in accordance with the curriculum in 2013, 34% only partially implement the Planning learning process in accordance with the curriculum in 2013, and 36% have not implemented Planning learning process in accordance with the curriculum in 2013, asesment of learning outcomes by 13% has implemented Assessment Learning Outcomes in accordance with the curriculum in 2013, 0% only partially implement the Outcomes Assessment of Learning in accordance with the curriculum in 2013, and 87% have not implemented Assessment Learning Outcomes in accordance with the curriculum in 2013, and 31% have conducted oversight Learning process in accordance with the curriculum, 2013, 42 % only partially implement the Learning process Monitoring in accordance with the curriculum in 2013, and 27% have not implemented the Learning process Monitoring in accordance with the curriculum of 2013. Based on this research can be concluded mostly in the amount of 40% of the components of curriculum implementation in 2013 related subjects exercise undertaken by the gym teacher se districts Ngadirojo been implemented in accordance with the curriculum in 2013, accounting for 29% of the components of curriculum implementation in 2013 related subjects exercise undertaken by teachers se sport Ngadirojo districts still mostly carried out in accordance with the curriculum in 2013, and by 31% of the components of curriculum implementation in 2013 related subjects exercise undertaken by the gym teacher se Ngadirojo districts have not carried out in accordance with the curriculum of 2013. Keywords: Application curriculum 2013, Learning Penjasorkes

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Sofi Wildan
    Date Deposited: 30 Nov 2016 13:52
    Last Modified: 30 Nov 2016 13:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29938

    Actions (login required)

    View Item